Romo Yohanes Oki Awasi Sawah Keuskupan Atambua

Semangat melayani sangat kuat melekat dalam diri Romo Yohanes Oki, Pr. Dengan spirit pantang menyerah, imam Tuhan yang satu ini selalu menyempatkan diri untuk menangani langsung sawah Keuskupan Atambua. Curah hujan yang tinggi semakin menambah semangatnya untuk bekerja. “Saya datang dan langsung turun tangan untuk bekerja di sawah. Selain memberi semangat kepada yang lagi menanam juga membangun pastoral bersawah dengan umat,” katanya, Kamis, (31/1/2019).

Bersama para suster Putri Maranatha (PM) dan beberapa umat, Romo John langsung mengambil bagian dengan mencabut anakan padi dan ‘bermain’ lumpur. Ia sungguh menikmati pekerjaan ini. “Bersawah bukan pekerjaan hina. Di balik pekerjaan yang kita geluti justru memberi pembelajaran kepada umat,” katanya menasehati.

Hingga saat ini pelayanan pastoral yang nyata tidak semata hadir di tengah umat tapi langsung memberi contoh dengan pekerjaannya. “Sekedar berkata semua orang bisa tapi butuh tindakan nyata,” tandasnya.

Giat bersawah sungguh dirasakan oleh umat. Bahkan banyak orang belajar dari Romo John bagaimana caranya bersawah yang benar. Ternyata julukan ‘Profesor’ sawah tidak salah bila dialamatkan baginya. Ia secara terbuka berbagi ilmu agar umat Sejahtera dan iman mereka makin bertumbuh. (rm.ino)