124 Siswa SMK St.Yoseph Nenuk Siap Hadapi UNBK 2019 – Masih Terkendala Jaringan Telekomunikasi

Atambua- Sebanyak 124 Siswa SMK St.Yoseph Nenuk siap menghadapi UNBK 2019. Berbagai persiapan sudah dilakukan terkait hal itu. Salah satu kendala yang dihadapi yakni masih sulitnya jaringan telekomunikasi untuk pelaksanaan UNBK. Kita berharap pihak telkom bisa memperhatikan masalah ini sehingga bisa melancarkan pelaksanaan UNBK nanti. Penegasan itu disampaikan Kepala Sekolah St.Yoseph Nenuk, Pater Paulus Wain, SVD di Nenuk- Kabupaten Belu – Propinsi NTT, Jumat (22/2-2019).

Dikatakannya, jumlah peserta ujian terbagi dalam enam program yakni teknik pembangunan (laki-laki 29 perempuan 7 total 36), teknik konstruksi batu beton (laki-laki 15 peremuan 3 total 18 ), teknik konstruksi kayu (putera 5 orang puteri tidak ada) , teknik permesinan (putra 18 orang puteri tidak ada), Teknik kendaraan ringan atau otomotif (semuanya putra 31 orang), teknik komputer dan jaringan (putra 6 putri 10 orang total 16 ) . Sehingga total peserta ujian tahun 2018/2019 STM Nenuk seluruhnya 124 peserta terdari 104 putra dan 20 putri.

Dijelaskannya, untuk persiapan UNBK sudah dilakukan simulasi sebanyak dua kali. Simulasi pertama pada bulan desember 2018
dilanjutkan simulasi keduanya tanggal 28 januari – 31 januari.

” Kegiatan ujian kompetensi keahlian (UKK) pembukaannya pada hari Sabtu 16 Pebruari lalu pelaksanaan ujian UKK itu dari tanggal 18 februari-23 Pebruari”

” Setelah itu akan dilanjukan ujian praktek ujian sekolah berbasis nasional dari mata pelajaran Bahas Indonesia,Bahasa Inggris, Seni Budaya,Penjaskes dan Kewirausahaan” .

” 1 Maret dan 2 Maret nanti sinkronisasi gladi bersih untuk ujian nasional berbasis komputer (UNBK ). Sedangkan pelaksanaan gladi bersih untuk UNBK itu tanggal 4 dan 5 Maret”

“Ujian sekolah berbasis nasional di STM mulai berjalan dari tanggal 8 Maret-16 Maret karena tgl 6 itu libur untuk rabu abu tanggal 7 libur nyepi.
Sedangkan untuk UNBK terjadi pada tanggal 25 Maret – 28 Maret. Itu jadwal ujian untuk kelas III”.

” Persiapan untuk siswa kebiasaan di STM itu ada les pagi dan les sore. Bagi siswa asrama untuk kelas tiga mereka di bebaskan untuk berbagai kegiatan lalu mereka juga diminta untuk menjaga kesehatan supaya ikuti kegiatan ujian dengan baik”.

” Secara keseluruhan persiapam untuk UNBK semuanya lancar, fasilitasnya juga cukup . Kendala paling besar adalah jaringan telekomunikasi saja”. (tibur)