Ketua KomKep Keuskupan Atambua Pimpin Gerakan Literasi Sekolah di Paroki Kleseleon

(Kleseleon, 23/2/2019)
Bertempat di Aula Pendopo Pastoran Paroki Kleseleon, Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Atambua, Rm. Yoris Samuel Giri, Pr memberikan wejangan kepada siswa – siswi dari tiga Sekolah Menengah Atas yang berada di wilayah Paroki Kleseleon, diantaranya; SMA Fajar Timur Haitimuk, SMA Ratu Rosari, dan SMA Kartini.

Kegiatan Literasi Sekolah ini bertujuan untuk membentuk karakter dan kepribadian peserta didik dalam memahami, mengakses dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui cara-cara yang berbobot dan bermanfaat.

Peserta didik misalnya, mereka harus memiliki integritas diri yang dikembangkan secara terus – menerus dalam usaha membangun kepribadian yang matang dan mandiri. Giat belajar, jujur, disiplin, dan tanggungjawab adalah contoh konkret yang harus dipegang-erat oleh setiap siswa.

Rm. Yoris di sela kegiatan ini mengajarkan banyak hal kepada para siswa-siswi. Pastor yang dikenal humoris ini juga turut prihatin terhadap peserta didik yang tidak mau berusaha untuk menggali kualitas diri . Hal ini tentu berkaitan erat dengan aspek perilaku siswa yang harusnya memiliki kemampuan untuk melakukan hal-hal baik yang berguna bagi kelangsungan hidup sehari-hari.

Melalui kegiatan Literasi sekolah ini, Pastor Yoris berharap para siswa mampu membiasakan diri dalam membentuk pola hidup yang sehat, membangun solidaritas antar sesama, memiliki perspektif global, serta mewujudkan semangat persaudaraan yang kokoh sebagai umat kesayangan Tuhan. (Ans Dawa)