Negara Timor Leste Terus Benahi Pembangunan Infrastruktur Tata Kota Dili

Negara Republic Democrac Timor Leste Ibu Kotanya di Dili itu kini mengalami perubahan luar biasa. Pembangunan di dalam ibu Kota Dili itu enak dipandang. Banyak bangunan kantor duta besar di daerah Pantai Kelapa. Ada kantor kementerian 12 lantai di Aitarak Laran,” kata salah satu staf Kementerian Kementerian Perencanaan dan Pembangunan ( MPIE) Timor Leste, Alberto Ximenes saat dihubungi melalui selulernya di Dili, Senin ( 25/2/2019) waktu negara setempat.

Terkait keamanan di negara baru itu, Ximenes menjelaskan, situasi sekarang di Kota Dili sangat aman dan kondusif  bukan seperti dulu lagi.Meskipun kerap kali ada gangguan kamtibmas  sedikit karena terjadi kesalah pahaman di antara organisasi beladiri Setia Hati, Kerasakti dan lainnya tetapi itu pun tidak berlangsung lama. Situasi politik pun stabil.

Dia menggambarkan, pelabuhan  Dili kini direnovasi dan akan dipindahkan ke Tibar. Dan lokasi pelabuhan di Tibar kini tengah dibangun pada tahap proses pembangunan konstruksinya baru mencapai 1 persen.
Ditargetkan pembangunan pelabuhan Dili itu bakal rampung 2022 dan diresmikan sebagai pelabuhan terbesar ( Internasional) di Timor Leste.

Selain itu, bandara udara Dili direncanakan akan di tata dan perluas landasannya pada bulan September 2019 mendatang.

“Kita targetkan tahun 2025 semua jalan dari perbatasan RI -RDTL hingga Kota Dili hotmix .
Program lain dari pemerintah Timor Leste untuk tahun 2026 yakni pembangunan di bidang sektor  mineral, minyak Greater Sunrise sudah bisa beroperasi di Timor Leste dan akan dapat dijual ke luar negeri atau negara lain,” beber Ximenes.

Kondisi kota Dili dan sekitarnya, di belakang Timor Plaza ada Apartemen- apartemen yang di dalamnya ada berbagai macam hotel, Gym, tempat main Kasino dan lain- lain.

Kondisi jembatan Comoro sudah berubah. Ada pun satu buah jembatan lagi di Fomento 2 namanya Ponte Comoro 3 atau bahasa Portunya Ponte Comoro Tres).
Jalan dari Tibar sampai Tasi 3  masih  dibangun atau dibenahi. (Lintastimornews/bagaskoro)