LEBIH DEKAT DENGAN VENTJE  ‘MAI ONA’ ABANIT

BETUN —– Muda, energik dan ramah. Ini kesan pertama ketika bertemu dengan Ventje. Nama lengkapnya Ventje Jacobus Roman Abanit.

Wartawan media ini sempat berbincang-bincang dengan pria kelahiran Atambua – Belu, 01Januari 1973 ini ditengah kesibukannya mengurus usaha dan karier politiknya.

“Sejak 2004 lalu saya mulai merasa terpanggil untuk kembali dan berbuat sesuatu untuk daerah asal. Saya mulai mengintip dunia politik praktis sebagai kader Partai Patriot kala itu”,  ujar suami Melva Junita Tambunan ini.

Ketertarikan alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada ini pada dunia politik semakin kuat. Ketika gaung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2015 ditabuh, Ventje memutuskan untuk maju sebagai calon bupati Belu.

“Walaupun akhirnya rakyat belum mempercayakan itu (jabatan bupati,red) kepada kita, paling kurang rakyat tahu bahwa sebenarnya ada anak muda yang punya ide untuk membangun daerah”,  tandasnya.

Langkah ayah dua anak ini di panggung politik praktis tidak pupus. Niat dan semangat untuk membangun tanah kelahiran tercinta, menguatkan tekad Ventje untuk menyalurkan aspirasi  rakyat Nusa Tenggara Timur. Ventjepun mendaftar menjadi Calon Dewan Perwakilan Daerah.

“Jika terpilih sebagai utusan daerah, saya akan perjuangkan pemekaran wilayah untuk mempermudah jangkauan pelayanan publik kepada masyarakat. Misalnya, Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Kupang bisa dimekarkan”,  tegas pemilik usaha retail Mai Ona tersebut.

Calon Senator yang merakyat dengan tag line ‘Mai Ona’ ini menjelaskan, filosofi yang terkandung di dalam tag lain yang dipilihnya sejak tahun 2016.  Mai Ona, terang Ventje,  adalah ajakan dalam bahasa tetum yang artinya “Kemarilah”.

“Mai Ona artinya ajakan bagi semua orang. Kemarilah…  Mari duduk bersama berpikir bersama, bicara bersama dan bekerja bersama”.

Mai Ona juga, lanjut dia, merupakan simbol keterbukaan. Terbuka untuk menampung aspirasi dan ide-ide kreatif untu bersama-sama berbuat sesuatu yang baik bagi tanah kelahiran.*(ygs)