Jokowi Gelar Kampanye Terbuka di Kota Kupang : ” Saya Datang Kesini Karena Cinta NTT”

Kupang- Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Joko Widodo menggelar kampanye terbuka di Lapangan Sitarda, Lasiana, Kota Kupang, Senin (08/04/2019). Dalam kampanye tersebut, selain memperkenalkan program 3 Kartu Sakti, Jokowi juga mengungkapkan kecintaannya terhadap NTT.

“Siang hari ini, saya sangat berbahagia sekali, sangat senang sekali karena bisa hadir di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sudah berapa kali saya sebagai presiden datang ke Nusa Tenggara Timur? Ada yang hitung ‘gak? Yang lain paling saya kunjungi 2 kali, 3 kali, di sini udah 8 kali. Ada apa? Ada apa? Karena saya cinta NTT,” tuturnya lantang.

Jokowi di hadapan ribuan massa yang hadir pada kesempatan tersebut kemudian membuka catatan bahwa dalam Pilpres 2014 lalu, pasangan Jokowi-JK kala itu hanya meraup 66 persen suara di NTT. Oleh karenanya, dirinya berharap agar di Pilpres kali ini, pasangan Jokowi-Amin dapat meraih minimal 80 persen suara di NTT.

“Begitu dapat lebih dari 80 persen, saya ingin datang lagi ke NTT, karena di sini banyak sekali bendungan, banyak sekali program pemerintah yang belum kita selesaikan. Ingat ada 7 bendungan di NTT, bendungan Raknamo, bendungan Rotiklot, bendungan Napung Gete, bendungan Temef, bendungan Manikin, bendungan Lambo Nagekeo, dan bendungan Kolhua,” ujar Jokowi.

“Yang lain paling dapat 1 bendungan, 2 bendungan, di sini ada 7 bendungan, karena air merupakan kunci pertumbuhan ekonomi di NTT. Dengan ada air, kita semua bisa bercocok tanam, bisa menanam jagung, singkong, dan sebagainya,” tambahnya.

Jokowi juga memperkenalkan program 3 Kartu Sakti, yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Sembako Murah dan Kartu Pra Kerja. Kartu Indonesia Pintar akan diberikan kepada siswa SD, SMP, SMA. Sementara untuk yang kuliah, akan dikeluarkan yang namanya KIP kuliah.

“Ini untuk anak-anak kita agar semuanya bisa kuliah, baik di akademi, baik di perguruan tinggi dan universitas. Di dalam negeri maupun di luar negeri akan kita beri beasiswa,” terangnya.

Selain kartu Indonesia Pintar, akan dikeluarkan juga Kartu Pra Kerja. Lulusan SMA, SMAK atau yang mencari pekerjaan atau yang kena PHK bisa mendapatkan kartu ini.

“Dengan kartu pra kerja ini anak-anak kita akan dilatih, akan dilakukan training-training oleh kementrian, oleh lembaga swasta, oleh BLK, oleh BUMN agar supaya skillnya meningkat, sehingga langsung dapatkan pekerjaan. Tetapi kalau belum mendapatkan pekerjaan, di dalam kartu ini ada yang namanya insetif,” jelas Jokowi.

Kartu yang ketiga ialah Kartu Sembako Murah. Dengan kartu ini, ibu-ibu nantinya bisa memperoleh diskon saat membeli sembako, seperti beras, gula, minyak, telor, dan sebagainya.

“Yang terkahir, mari kita ajak tetangga kita, teman-teman kita, handai tolan kita semuanya untuk datang berbondong-bondong ke TPS, sehingga di NTT ini target 80 persen bisa terpenuhi,” ujarnya.

“Iangat, hari rabu, tanggal 17 datanglah ke TPS pakai baju putih. Mengapa harus pakai baju putih? Karena yang mau dijoblos bajunya putih,” tutup Jokowi. (*berbagai sumber)