Ketua MUI Malaka : Umat Muslim Malaka Tetap Bina Hubungan Baik Lintas Agama

Malaka – Umat Muslim di Kabupaten Malaka tetap membina hubungan baik dan kerja sama lintas agama di Kabupaten Malaka dalam berbagai dimensi kehidupan. Hal itu dimaksudkan untuk tetap menjaga kebersamaan dan toleransi antar umat beragama.

Ketua MUI Kabupaten Malaka mengatakan hal itu saat memimpin kaum muslim mengamankan upacara Jalan Salib Hidup Umat Katolik Malaka di Betun, Jumat (19/04/2019).

Untuk mengawal kegiatan ini, sejak pukul 07.00 wita, Ketua MUI Malaka bersama Pemuda muslim sudah berada di depan jalan masuk ke gereja Paroki Betun

Mereka mengenakan atribut NU berupa topi dan baju kemeja warna hijau dipadu selendang tenunan Malaka

Zainal ketika ditemui wartawan di pertigaan jalan menuju Gua Lourdes Tubaki menjelaskan keterlibatan NU dalam Jalan Salib Hidup yang dilaksanakan umat katolik kali ini bukan yang pertama kali.

“NU terlibat dalam kegiatan seperti ini sudah sejak dulu . NU bersama kaum muslimin umat islam Malaka tetap hidup rukun dengan menjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Malaka”, kata Zainul

Selain NU, sebut Zainul, Pemuda Ansor sebagai organisasi sayap otonom NU juga dilibatkan dalam kegiatan jalan salib kali ini.

“Indonesia ini adalah sebuah negara besar yang terdiri dari berbagai suku, agama dan golongan. Tetapi, ideologi kita adalah Pancasila. Pancasila yang mengikat kita. Sehingga, semua perbedaan itu bukan untuk memecah-belah kita tetapi menjadi kekuatan untuk kita tetap bersatu dan berdaulat mempertahankan Pancasila dan menjaga keutuhan NKRI”, tandas Zainal.

Ketua Pemuda Ansor Kabupaten Malaka Yulianto mengatakan, keterlibatan Pemuda Ansor bersama-sama dengan NU merupakan komitmen organisasi untuk tetap menjaga toleransi dan kerukunan antarumat beragama.

“Kita tidak menginginkan terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan bersama karna di kabupaten malaka tolerensi umat beragam sangat rukun sejak dulu “, kata Yulianto.  (Ciki/berbagai sumber)