Kami Kagum Atmosfir Malaka

Malaka – “Kami sangat kagum dgn atsmosfir Kabupaten Malaka yang sangat familiar dan penuh kekeluargaan. Kami kagum karena kehidupan masyarakat yang damai dan tenang,” pengakuan itu diungkapkan Dr. Damianus Talok, Dekan FKIP Universitas Widya Mandira Kupang, saat ramah tamah di Rumah Jabatan Bupati Malaka, Selasa (14/5) malam.

Lebih lanjut, Damianus yang sudah 30-an tahun mengabdi di Unwira Kupang ini, yang dalam KKBM ini didamping Ketua Program Studi Bahasa Inggris Kletus Erom mengetengahkan, dirinya bersama tim selama ini berkeliling ke seluruh daerah di NTT, tapi apa yang kami dapatkan di Malaka itu beda.

“Kami mendapatkan banyak hal di Malaka dan kami belajar tentang budaya, hubungan sosial kemasyarakatan, nilai-nilai internalisasi dan relasi manusia, yang sangat berbeda dan unik dari daerah lain,” akunya.

Menurutnya, kegiatan Kuliah Kerja Bakti Mahasiswa (KKBM) yang dijalankan selama 1 minggu memberikan arti tersendiri bagi mahasiswa yang membaur dengan masyarakat dan melihat secara langsung apa yang dialami dan dirasakan.

“Selama satu minggu kami belajar dan melihat langsung apa yang terjadi dengan masyarakat, juga mengunjungi beberapa sekolah. Harus diakui bahwa banyak sisi pendidikan yang mesti kita gerakkan bersama-sama menuju ke arah yang lebih baik,” tuturnya.

Di hadapan Bupati Malaka dan hadirin yang hadir, Dami Talok secara gamblang menyatakan dukungannya kepada Bupati Malaka untuk terus bekerja bagi masyarakat Malaka, terutama di dunia pendidikan.

“Semoga kehadiran kami bisa menambah setitik saja khazanah pembaharuan wajah pendidikan di wilayah kita,” singkatnya.

Ramah tamah bersama Bupati Malaka itu dihadiri juga Sekda Malaka Donatus Bere, Asisten Sekda Malaka, Staf Ahli Bupati dan para Pimpinan Perangkat Daerah. (hk)