Memanfaatkan Lahan Pekarangan Rumah Untuk Tambak Ikan Air Tawar

Malaka – Bagi anda yang tinggal di wilayah Malaka Barat dan Weliman – Kabupaten Malaka tidak perlu bingung dengan genangan air yang mengelilingi rumah yang anda huni.

Potensi air yang ada bukan menjadi pemusnah dan hama bagi tanaman tetapi bisa disulap jadi kolam ikan yang bisa meningkatkan gizi dan nutrisi keluarga.

Buktinya, rumah yang dihuni Kabag Umum Setwan DPRD Kabupaten Malaka, Vinansius Bian Seran di Kleseleon – Kecamatan Weliman yang dikenal digenangi air saat musim penghujan , pekarangan rumahnya disulap jadi dua buah kolam ikan dan diatas bedengan bisa ditanami aneka sayuran seperti kangkung darat, lombok , sawi dan terong.

Vinan, begitu panggilan akrabnya kepada wartawan di Kleseleon, Sabtu (18/5-2019) mengatakan sangat senang bisa memanfaatkan potensi lahan pekarangan yang selama ini terlantar dan tidak bisa difungsikan pada musim hujan.

“Saya buat dua kolam untuk piara ikan nila dan gurami. Ternyata hasilnya sangat baik sebagai bahan makan keluarga dan juga dijual saat panen”

“Kalau mau makan ikan air tawar tinggal pancing di kolam . Selain dapat ikan juga bisa menjadi sarana hiburan saat memancing”

Staf Setwan DPRD Kabupaten Malaka, Eustaqio saat ditemui di kolam pemancingan sangat senang bisa memancing sore ini.

“Tadi kami janjian dengan teman-teman kantor untuk memancing di kolam ikan milik Pak Vinan. Lumayan hasil pancingan sore ini bisa dinikmati saat makan malam bersama keluarga”

“Selain bisa dapat ikan juga bisa santai dan refreshing saat memancing bersama teman kerja ” (boni)