762 Personil Yonif Raider Khusus 744/SYB Atambua Gelar Simulasi Pertempuran Perkotaan

Atambua – Minggu 26 Mei 2019 Sore jelang malam, warga sekitar Perumahan Bukit Mas Wekatimun Rw 12 Kelurahan Umanen, Kecamatan Atambua Barat -Kabupaten Belu dibuat tercengang dengan kehadiran ratusan Prajurit TNI bersenjata lengkap dan riuh tembakan senjata personil serta bunyi ledakan bom TNT latihan dari Satuan Yonif Raider Khusus , Yon Raidersus 744 SYB.

Dalam Aksi Gelar Latihan Pemeliharaan Raider Tahun 2019 berbentuk simulasi pertempuran perkotaan
kepada awak media disela-sela simulasi, Danyon Raider Khusus 744 SYB Letkol Infanteri Tengku Mustafa Kemal melalui Wadanyon Mayor Infanteri Robert Panjaitan, S.Ip mengatakan simulasi melibatkan total 762 personil termasuk 160 pelatih tempur yang terbagi pada empat kompi latihan.

Kegiatan dilakukan bertingkat, bertahap dan berlanjut selama empat belas hari dan pada Minggu 26 Mei 2019 hari kedelapan.

Simulasi dilaksanakan dalam tiga tahap latihan yaitu tahap basis yang dilaksanakan di area Asrama Tobir selama enam hari, kemudian tahap hutan gunung selama empat hari dengan lokasi Area Haliwen kemudian tahap Rawa laut bertempat Atapupu kecamatan Kakukuk Mesak Kabupaten Belu dengan durasi empat hari lamanya.

Untuk diketahui setelah dibentuk menjadi Pasukan Raider khusus pada 2015 lalu, Yonif Raider Khusus 744 SYB telah menjadi Peace Keeper di Lebanon .

Menjawab pertanyaan wartawan terkait simulasi yang dilakukan dengan situasi terkahir di Ibu kota Negara , tegas Mayor Robert kegiatan dilaksanakan murni untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan personil Yonif Raider Khusus 744 SYB dan sesuai program satuan atas termasuk dukungan anggaran .

Lanjut Wadanyon kegiatan merupakan Program tetap dan agenda tahunan dari satuan atas demi meningkatan kemampuan TNI , serta menambah kepercayaan masyarakat sebagai ibu kandung TNI dalam kemanunggalan. (Epi )