Tentara Gadungan Asal  Rinhat – Malaka Tertangkap Tentara di Kefa dan Diserahkan ke Polisi

Malaka – Jonisius Ato ( 21) tahun, warga Oenunu – Desa Bo’en – Kecamatan Rinhat – Kabupaten Malaka diduga kuat sebagai tentara gadungan diamankan anggota TNI Yonif 744 Kipan C dan diserahkan ke Mapolres TTU, Rabu (29/5-2019).

Jonisius diserahkan ke Pihak Kepolisian karena diduga kuat memiliki kartu anggota TNI Palsu yang dibeli dengan harga Rp 5 Juta dari seseorang yang berdiam di Desa Wehali – Kecamatan Malaka Tengah – Kabupaten Malaka.

Danpok Provost Yonif 744/ Kipan C, Praka Abdul Kadir Zaelani kepada wartawan membenarkan hal itu saat dikonfirmasi.

“Kita sudah serahkan orang itu di Mapolres TTU diterima
SPKT Polres TTU, Aipda Abilio Falo”

Dikatakannya, pada hari Rabu tanggal 29 Mei 2019 sekitar pukul 19.00 Wita bertempat di BTN, Desa Naiola, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten TTU, pelaku dengan menggunakan baju kaos loreng TNI hendak membeli rokok di Kios dekat Kos-kosan Frit Nahak tempat menginap pelaku.

Pada saat pelaku membuka dompet untuk membayar rokok, kartu anggota miliknya dalam dompet dilihat oleh anggota TNI Yonif 744 Kipan C, kemudian anggota tersebut menanyakan ke pelaku terkait kartu identitas TNI yang dimiliki.

Karena jawaban pelaku mencurigakan maka pelaku diamankan di Mako Kipan C Yonif 744 dan interogasi.

Setelah diinterogasi dan ternyata pelaku bukan anggota TNI alias gadungan maka pada pukul 20.45 wita pelaku dan sejumlah barang bukti diantar ke Polres TTU untuk diusut lebih lanjut (boni)