Banyak Prestasi Yang Sudah Ditorehkan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741 /GN di Kawasan Perbatasan

Malaka – Selama bertugas di wilayah perbatasan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Yonif Mekanis 741 / Garuda Nusantara banyak menorehkan prestasi sebagai penjaga kedaulatan negara di perbatasan negara.
Selain menjaga kedaulatan negara di kawasan perbatasan negara Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Yonif Mekanis 741 / Garuda Nusantara selama tujuh bulan terakhir sudah berbuat yang terbaik dibidang pembinaan teritorial untuk menjawab persoalan dan kebutuhan warga perbatasan.

Komandan Satgas  Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara, Mayor (Inf) Hendra Saputra,S.Sos.M.M, M.I.Pol mengatakan hal itu ketika dikonfirmasi wartawan saat Pengresmian Bedah Rumah ke 11 dan Taman Baca Garuda di Desa Tniumanu -Kecamatan Laenmanen -Kabupaten Malaka, Selasa (11/6/2019).

Kepada wartawan Dansatgas Hendra mengatakan apa yang sudah dan akan dilakukan Satgas di daerah perbatasan merupakan salah satu wujud nyata bhakti Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Yonif Mekanis 741 / Garuda Nusantara bagi masyarakat yang bermukim di kawasan perbatasan.

“Kita tidak ada maksud apa-apa tetapi ini murni bentuk perhatian dan kecintaan kami bagi saudara-saudara kami yang bermukim di kawasan perbatasan negara dimana kami bertugas”.

” Bagaimanapun TNI itu lahir dan tumbuh dari rakyat sehingga apapun yang dilakukan saat ini sebagai salah satu wujud nyata kecintaan TNI bagi masyarakat”

Dikatakannya, selama bertugas di kawasan perbatasan negara pihaknya sudah menjalankan beberapa kegiatan menyangkut tugas pokok sebagai Satgas dan Pembinaan Teritorial.

“Selama kurang lebih 7 bulan bertugas disini warga perbatasan secara sukarela menyerahkan senjata dari berbagai macam variasi sebanyak 101 pucuk, amunisi sebanyak 1.580 butir berbagai varian, granat buatan US yang sudah lama, berbagai perlengkapan senjata seperti magasin sebanyak 7 buah”

“Satgas juga telah menggagalkan berbagai bentuk penyelundupan di wilayah batas negara diantaranya :

Penggagalan penyelundupan BBM sekitar 2.584 ltr baik premium, solar dan minyak tanah.

Penggagalan penyelundupan barang impor bekas seperti baju bekas, sembako dan penggagalan penyelundupan miras sebanyak 445 ltr dari Ambon dan ditangkap di pelabuhan Wini karena tidak dilengkapi satu dokumen apapun”

” Dibidang Pembinaan teritorial sampai minggu depan sudah mencapai 12 unit Bedah Rumah bagi warga perbatasan. Hal itu sesuai target kita selama bertugas di wilayah sektor Barat”

” Kita sudah buat dua buah taman baca bagi warga perbatasan dan membuat 9 sumur resapan yang menyebar pada tiga desa di Perbatasan di Baen, Haumeni Ana dan Oepoli termasuk membagikan sembako bagi warga perbatasan serta pelayanan kesehatan bagi masyarakat”

“Kami lakukan semuanya ini semata-mata hanya untuk kebutuhan masyarakat di Perbatasan”. (boni)