Komsos Atambua dan Bank NTT Produksi Film Pendek

Dalam rangka penyelenggaraan Pertemuan Pastoral (Perpas) ke-11 di Keuskupan Atambia, Senin-Sabtu, (22-27/07/2019), Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Atambua bekerja sama dengan Bank NTT cabang Atambua bekerja sama memproduksi film pendek tentang migran dan perantau.

Latar belakang memilih tema migran perantau karena bertepatan dengan tema umum pertemuan para Uskup se-regio Nusa Tenggara ini. Film pendek berdurasi 7 menit ini mengangkat situasi riil yang terjadi di Keuskupan Atambua.

Ketua Komsos Atambua, Romo Kristo Ukat, Pr menyambut baik kegiatan pengambilan film pendek ini sebagai langkah maju untuk mendalami tema pertemuan Perpas di bulan Juli tahun ini. Ia mengatakan bahwa masalah migran dan perantau sulit dibendung. Keinginan merantau untuk umat di di Keuskupan kita masih sangat kuat padahal  tanah kita tidak kalah produktif dengan daerah lain. Kiranya film pendek ini bisa memberi motivasi untuk merubah pola pikir. “Film Pendek mengangkat masalah kontekstual di daerah kita. Kiranya umat kita sadar bahwa tanah kita tidak kalah produktif dengan daerah lain,” ucapnya.

Terselenggaranya produksi film pendek ini berkat kerja sama dengan Bank NTT cabang Atambua dan didukung dengan para pemerannya. Salah satu perhatian yang luar biasa dalam mensukseskan Perpas di Keuskupan Atambua. Kepala Bank NTT cabang Atambua, Fridolina M.M. Faturene, SE sangat mengapresia kerja sama dengan kosmos Atambua dalam memproduksi film pendek sekaligus dengan ini juga mempromosikan Bank NTT di masyarakat. “Ini satu kerja sama yang dibangun dengan Komsos Atambua. Dengan harapan Bank NTT semakin memasyarakat dan selalu melayani dengan sungguh, sesuai motto kami,” katanya.

Pengambilan Film pendek migran dan perantuan ini dengan lokasi Kampung Adat Matabesi, di Wilayah Paroki Umanen, Fatuketi, Kabupaten Belu. Sebelum pengambilan video didahului dengan upacara adat sebagai bentuk permohonan dan meminta restu para leluhur demi kelancaran kegiatan ini.*(Romo Ino-Komsos Atambua)