Prodi S1 Seni Pertunjukan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta Gelar Kuliah Umum Tematik Tentang Pancasila

Yogyakarta – Prodi S1 Seni Pertunjukan FSP ISI Yogyakarta menggelar Kuliah Umum Tematik mengusung tema “Strategi Komunikasi dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila sebagai Materi Inspiratif Pendidikan Seni Pertunjukan”.

Kuliah tematik itu dimaksudkan sebagai penyegaran reflektif bagi civitas akademi dalam mengamalkan Pancasila secara realistik, baik ilmiah seni maupun proses kreatif berkesenian.

Hal itu disampaikan Ketua Jurusan PSP, Dr. Drs. Nur Iswantara, M.Hum kepada wartawan disela pelaksanaan kegiatan kuliah umum di Kampus ISI Yogya, Selasa (17/9-2019).

Dikatakannya, Kuliah Umum Tematik (KUT) digagas secara spontan-cepat sebagai wujud rasa syukur dan nyata bahwa Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan (PSP) FSP ISI Yogyakarta usianya 5 thn (1.9.2014-1.9.2019).

Momentum ini untuk merenung dan memahami Pancasila sebagai dasar NKRI dalam dimensi keilmuan PSP. ISI Yogyakarta yg sedang Lustrum VII & Dies Natalis ke-35 tetap konsisten dengan visi, misi berlandaskan Pancasila.
Untuk itu perlu penyegaran reflektif bagi civitas akademi mengamalkan Pancasila secara realistik, baik ilmiah seni maupun proses kreatif berkesenian.

“Pada kesempatan ini selaku Kajur/Kaprodi PSP FSP ISI Yogyakarta mengucapkan terimakasih kepada Bapak Drs. Siswadi, M.Sn., Dekan FSP yang selalu welcome-suporting PSP dan kepada Dr. Bambang Pujasworo, SST., M.Hum., Pudek I FSP yang memberikan arahan, iguh hingga terlaksananya Kuliah Umum Tematik PSP.
Terimakasih disampaikan pada Dosen dan Mahasiswa PSP, Pegawai dan civitas akademika FSP ISI Yogyakarta yg secara kongkrit mengikuti KUT PSP 2019”.

‘Secara khusus kami berterimakasih kepada narasumber, Ibu Dr. Ririt Yuniar, S.Sos., M.Hum. dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila Jakarta yang dengan penuh gembira membagi ilmu pada kami’.

‘KUT PSP kali ini sangat special dengan mengusung tema “Strategi Komunikasi dalam Penerapan Nilai-Nilai Pancasila sebagai Materi Inspiratif Pendidikan Seni Pertunjukan”. Dengan tema ini kami berharap semua Dosen dan mahasiswa PSP mengikuti secara seksama”.

“Kiranya tepat Dr. Ririt Yuniar, S.Sos., M.Hum. membahas penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai materi inspiratif pendidikan seni pertunjukan dengan strategi komunikasi. Beliau pakar yang mumpuni untuk membahas tematik demikian. Selaku pengelola PSP FSP ISI Yogyakarta sangat berharap semoga pembahasan tematik kali ini bermanfaat bagi civitas akademika”.

“Pancasila sebagai dasar negara sudah final. Pancasila sebagai pondasi visi, misi ISI Yogyakart, Fakultas Seni Pertunjukan, hingga Prodi S1 Pendidikan Seni Pertunjukan pun dilakukan penuh tanggungjawab. Realisasinya perlu logis realistis. Untuk itu nilai-nilai Pancasila akan sesuai jiwa-zaman jika digerakkan oleh Anak Bangsa yang paham arti dan makna nilai-nilai Pancasila. Pada dunia seni sudahkah memakai paradigma
“Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian dan dalam kehidupan kampus”. (ita)