Prakualifikasi Cabor Panahan PON XX Papua. Kalimantan Timur Tembus 5 Besar, Jatim Teratas.

Diperkuat 2 atlit Olimpiade Tokyo 2020 Riau Ega Salsabila dan Diananda Choirunisa, Tim panahan Pra PON Jawa Timur berhasil menyalip DKI Jakarta dihari terakhir prakualifikasi PON XX. Sementara Kalimantan Timur merupakan satu-satunya tim di luar Jawa yang mampu menggeser dominasi tim dari pulau Jawa dan berhasil menduduki peringkat 5 besar.

Hari sabtu (28/9/2019) babak prakualifikasi PON XX Papua menyelesaikan semua nomor yang dipertandingkan baik beregu putra/putri recurve, compound, nasional serta indivual. Sebanyak 138 atlit terbaik dari 18 propinsi berhasil mengantongi tiket menuju PON XX Papua 2020.

Persaingan kali ini cukup ketat baik di nomor beregu maupun individual. Semua atlit tampil prima sehingga perolehan angka dari babak 16 besar menuju 4 besar saling susul menyusul bahkan ada yang berakhir dengan shoot off (penentuan lewat 1 panah tambahan). Banyaknya suporter yang hadir turut memberikan energy positif bagi para atlit dalam perjuangan merebut tiket PON XX Papua.

Ary Koeswiranto,SE Ketua Bidang Pertandingan menilai tampilnya atlit-atlit muda dalam event elit bagi atlit panahan daerah merupakan kesempatan bagi mereka menunjukkan eksisitensi dan kesempatan bagi mereka untuk tampil di Pekan Olahraga Nasional Papua 2020.

“Kekuatan daerah sudah mulai merata, nampak dari perolehan tiket PON yang diperoleh 18 propinsi dari 30 propinsi yang bertarung di Kejurnas 21 s/d. 29 September 2019. Banyaknya atlit muda yang muncul dari daerah menandakan daerah semakin bergeliat dalam menggerakkan pembinaan olahraga panahan”, tutur Ari Koeswiranto, SE yang juga menjabat Wakabid Organisasi Perpani.

Ketua Umum PP Perpani Kelik Wirawan Widodo yang menyaksikan pertandingan hari terakhir merasa senang melihat antusias dari atlit dan masyarakat yang hadir di Lapangan Panahan GBK Senayan.

“Selamat kepada para atlit dan Pengprov yang telah mendapatkan tiket PON XXX/2020. Bagi yang belum masih banyak kesempatan untuk mengembangkan diri sehingga bisa maksimal di event lainnya”, tutur Kelik di GBK Senayan.

Sebagai Ketua Umum saya berterimakasih kepada Pengurus dan Panitia yang sudah melaksanakan Kejurnas dengan baik dan tepat waktu, apresiasi saya kepada Kemenpora, KONI, KOI, GBK dan semua pihan yang mendukung kejurnas pra PON XX sehingga semuanya berjalan lancar dan sesuai rencana.

“Terima kasih dan penghargaan saya kepada Pengurus Pengprov beserta atlit, Klub dan komunitas serta para pelajar yang terlihat antusias sejak pembukaan hingga penutupan. Ini menunjukkan bahwa panahan sebagai olahraga prestasi dan rekreasi semakin digemari masyarakat”’ lanjut Ketua Umum GK Center Kelik Wirawan.

Penutupn Kejurnas Panahan Pra PON XX Papua dilaksanakan pada minggu (29/9/2019) oleh Sekjen Perpani Rizal Barnadi. Turut hadir Pengurus Perpani dan Panitia penyelenggara Kejurnas serta komunitas panahan Barebow dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam sambutannya Rizal Barnadi menyampaikan bahwa Perpani akan terus mendukung kehadiran komunitas Barebow di Indonesia. Perpani akan memfasilitasi agar Barebow bisa melakukan turnamen-turnamen di Lapangan Panahan GBK Senayan. Kedepan diharapkan divisi Barebow dapat diperjuangkan untuk masuk dalam divisi yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional bahkan di Sea Games, Asian Games atau Olimpiade.

Berikut daftar Propinsi yang telah memastikan lolos mengikuti Pekan Olahraga Nasional XX Papua :

1. Jawa Timur : 18
2. DKI Jakarta : 17
3. Jawa Barat : 16
4. DI.Yogjakarta : 16
5. Kalimantan Timur : 12
6. Jawa Tengah : 11
7. Banten : 9
8. Aceh : 8
9. Jambi : 8
10. Kalimantan Tengah : 4
11. Bali : 4
12. Riau : 4
13. Lampung : 3
14. Papua Barat : 3
15. Kalimantan Barat : 2
16. Sulawesi Barat : 1
17. Sumatera Selatan : 1
18. Sumatera Utara : 1

(fw)