Bintang Timur Atambua Bertengger di Puncak Pool A – Persami Maumere Pulang Kampung Tanpa Poin

Ende – Bintang Timur Atambua bertengger diatas  Puncak pool A
dan bersama Persematim memastikan diri lolos dari grup A ke babak delapan besar Soeratin Cup tahun 2019. Kedua tim yang tidak pernah menelan kekalahan di grup A  bertemu pada partai penutup  grup A, Rabu (16/10) malam. Pertemuan antara kedua tim yang tidak lagi berpengaruh untuk menentukan langkah mereka ke babak delapan besar karena telah mengunci tiket sejak partai ketiga  berakhir dengan skor imbang 2- 2.

Meskipun pertemuan antara pemuncak kelasmen grup A, Bintang  Timur  Atambua dan Runer Up, Persematim Manggarai Timur  tidak menentukan lagi langkah mereka namun gengsi dan nama besar jadi taruhan pada partai penutup grup A.

Pada pertandingan ini pun tercipta gol cepat dari Persematim. Laga baru berlangsung 1 menit 7 detik, Muhamad Guntur (14) pemain depan dari Persematim sudah membobol gawang Bintang Timur Atambua. Gol ini menjadi gol tercepat di turnamen ini.

Setelah gol ini, Bintang Timur yang lebih banyak tampil dengan pemain  pelapis memberikan respon. Namun usaha dari SSB  Bintang Timur Atambua  belum membuahkan hasil hingga wasit utama Sisko  Jari  meniup peluit panjang turun minum.

Masuk di babak kedua, Bintang Timur FC langsung menyamakan kedudukan setelah laga berjalan sekitar lima menit. Gol Bintang Timur lahir melalui kaki Arman (6). Bintang Timur Atambua kembali menambah gol selang satu menit kemudian melalui kaki  Bento (7) dan unggul 2 – 1 atas Persamatim.

Namun keunggulan Bintang Timur Atambua ini tidak bertahan lama setelah  Persematim menyamakan kedudukan melalui kaki Muhamad Guntur (14)  sekaligus mencetak gol keduanya di partai ini. Setelah gol ini tempo permainan dari kedua tim semakin meningkat dan kerap kali menunjukan aksi – aksi individu yang menghibur penonton. Setelah gol ini tidak lagi tercipta gol tambahan dan kedua tim memastikan diri lolos dari grup dengan  poin 10. Bintang Timur  keluar sebagai juara grup karena unggul dalam kolektivitas gol dan Persematim di posisi runer up.

Persami Pulang Tanpa Poin

Langkah Persami Maumere sudah dipastikan tersingkir dari turnamen Soeratin Cup U – 17 tahun 2019. Empat laga yang sudah dimainkan  Persami Maumere tidak berhasil mengumpulkan satu poin.  Pada laga terakhir grup A antara Persami melawan  Persebata Lembata, Senin  (16/10), Persami Maumere kembali menelan kekalahan telak 5-0 dari Persebata Lembata. Dengan hasil ini maka Persami  Maumere pulang kampung atau pamit dari Soeratin Cup 2019 tanpa memperoleh satu poin pun.

Sementara  Persebata  masih memiliki peluang lolos ke babak delapan besar di posisi tiga terbaik  dari grup  A karena mengantongi enam poin. Peluang bagi Persebata ini masih menunggu hasil pertandingan di grup B antara Perseftim  vs PSKK Kupang dan Perse vs Persesba. Hasil pertandingan di grup B akan menentukan peringkat tiga terbaik di grup A dan B.

Hingga saat ini empat  tim sudah pasti tersingkir dari turnamen Soeratin Cup U-17 tahun 2019.  Empat  tim tersebut diantaranya, PSKN Kefamenanu, Putra Oesao, Persami Maumere dan Persewa Waingapu. ( ran/berbagai sumber)