Akhiri Retret SMPN Lurasik, Romo Dalsi Tegaskan Peserta Didik Hindarkan Sikap Malas Dan Sombong.

Mengakhiri kegiatan retret yang berlangsung selama dua hari selasa-rabu (17-18 Maret 2020),yang diselenggarakan Sekolah Menengah Pertama Negeri-Lurasik (SMPN), menjelang ujian akhir sekolah, Romo Dalsi Saunoah, Pr., menegaskan kepada peserta didik untuk menghindarkan sikap malas dan sombong.

Kemalasan dan kesombongan adalah suatu sikap yang sangat memiliki pengaruh yang sangat besar, dan sukap itu berasal dari si iblis yang menggoda diri kita masing-masing, apalagi kita yang terpanggil sebagai peserta didik, hendaknya kita terus tekun dalam berdoa dan belajar agar sikap demikian tidak melekat dalam diri kita.

Pembimbing retret, Romo Dalsi kepada media ini (18/03), yang diwawancarai via whatsapp mengatakan bahwa ” Hendaknya dalam diri pelajar ditumbuhkan nilai-nilai kebajikan yang telah tertanam dalam diri masing-masing orang, agar dalam diri hanyalah ketekunan dan nilai-nilai kebaikan lainnya yang dapat membuat kita bisa berkembang sesuai dengan arah hidup kita yakni sebagai pelajar yang berpendidikan yang bermutu dan berkarakter”. Ungkap beliau.

Sebagai manusia yang bermartabat yang terpanggil sebagai pelajar, kita perlu memahami, memaknai dan merealisasikan buah-buah roh kebajikan yang merujuk pada nilai-nilai kebenaran dan kebaikan sehinggga sikap kesombongan dan kemalasan yang melekat dapat terhindar, agar yang terpancardalam diri adalah kerendahan hati dan ketekunan.

Sehinggga pelajar memiliki sikap kebaikan dan kerendahan hati untuk terus belajar serta taat kepada orang tua, bapak dan ibu guru di sekolah, karena itu adalah kebajikan roh Tuhan yang harus ditumbuhkan dalam diri setiap pelajar.

“Dengan demikian, sikap malas dan sombong pun akan terhindar dari diri kita, asalkan kita yakin dan tetap tekun menumbuhkan buah-buah roh kebajikan yang sudah ada yang melekat dalam pribadi kita masing-masing”. Ungkap romo Penuh harap. (Laris Mataubana)