Polres Malaka Gelar Operasi Libas di Perbatasan Negara RI-RDTL

Jajaran Polres Malaka menggelar Operasi Lintas Batas (Libas) Negara di Perbatasan RI -RDTL.

Operasi Libas itu dimaksudkan untuk meminimalisir berbagai pelanggaran di wilayah perbatasan yang melibatkan warga kedua negara.

Kapolres Malaka, AKBP Albertus Neno mengatakan hal itu menjawab pertanyaan wartawan disela kegiatan penyaluran Bansos bagi warga di Desa Laleten – Kecamatan Weliman – Kabupaten Malaka, Rabu (19/8-2020).

Dikatakannya, Operasi Libas yang digelar di wilayah Perbatasan RI-RDTL dilaksanakan sesuai petunjuk Polda NTT dan sudah digelar dalam beberapa hari terakhir di kawasan Perbatasan RI-RDTL dengan nama Operasi Libas (Operasi Lintas Batas)

” Operasi ini sasarannya terkait pelanggaran-pelanggaran antar negara. Misalnya, masalah penyelundupan narkoba dari negara tetangga ke wilayah Indonesia, pencurian, penipuan dan penggelapan sepeda motor yang diseberangkan ke negara tetangga, keluar masuknya warga secara ilegal termasuk persoalan hewan yang saling menyeberang antar kedua negara karena tidak ada pagar batas negara, penyelundupan BBM dan barang-barang lain secara ilegal”

” Direncanakan operasi Libas itu akan digelar setiap hari dengan harapan bisa tercipta keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan RI -RDTL”

” Kita berharap masyarakat harus tetap waspada terhadap aktifitas jual beli sepeda motor dan mobil tanpa didukung dokumen resmi karena akan berpotensi menciptakan kejahatan dan menyusahkan rakyat”

” Kita berharap dengan operasi yang digelar bisa memberikan kesadaran kepada warga agar tidak terlibat aktifitas ilegal terutama di Perbatasan RI-RDTL”

” Bila melanggar dan tertangkap akan menyusahkan masyarakat bila berurusan dengan masalah hukum”.

Kasat Narkoba Polres Malaka, Maks Tameno secara terpisah kepada wartawan mengatakan secara teknis pihaknya sudah menjalankan operasi di batas

” Kendaraan yang ada kita hentikan, dengan cara santun kita periksa barang bawaan dan orangnya . Hari ini kita tidak menemukan barang bukti berupa narkoba”

” Kita himbau kepada masyarakat untuk menghindarkan diri dari narkoba. Hidup itu akan terasa lebih nikmat dan indah tanpa narkoba” (boni)