Bupati Malaka : Sembilan Sekolah di Malaka Resmi Beroperasi

Sembilan sekolah yang menyebar pada tujuh Kecamatan di Kabupaten Malaka dinyatakan resmi beroperasi setelah Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran menyerahkan Ijin Oprasional bagi ke sembilan sekolah itu di Aula Kantor Bupati Malaka, Senin (21/9-2020)

Kesembilan sekolah yang menerima Ijin Oprasional itu masing-masing SMP Swasta 17 Agustus Webalu Kecamatan Wewiku, SMPK St. Isidorus 2 Sikun di Kecamatan Malaka Barat, SMP Negeri Tafatik Liurai Builaran di Kecamatan Sasitamean, SMPN Babotin di Kecamatan Botin Leobele, SMPN Barada di Kecamatan Malaka Tengah, SMPN Numponi di Kecamatan Malaka Timur SMPN Saenama di Kecamatan Rinhat, SD Negeri Klisuk Lor di Wewiku,TK Negeri Kuntum Tamiru Umatoos di Kecamatan Malaka Barat.

Dalam sambutannya SBS mengajak seluruh hadirin untuk panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa karena atas berkat dan perlindunganNya semuanya bisa hadir untuk bersama – sama menyaksikan peristiwa bersejarah yaitu untuk membuat anak anak Malaka pintar di indonesia .

Dikatakannya, Proses ijin sekolah ini cukup panjang karena diera kepemimpinan SBS ijin oprasional sekolah tidak sembarangan di keluarkan karena harus diusulkan oleh pemrakarsa kemudian tim justifikasi melakukan kajian dilapangan menelusuri administrasinya dan lebih penting lagi sekolah baru harus memiliki tanah yang diserahkan guna mendirikan sekolah tersebut,

” Kepada Sekda dan Kepala BP4D harus melakukan pengkajianya syarat yang harus dipenuhi supaya kita berikan ijin oprasianal itu. Pertama, harus ada pengelola . Kedua, ada murid . Ketiga, ada guru. Keempat, ada bangunannya. Bangunan dimungkinkan harus ada tanah ”

“Memang mengurus ijin itu harus bertahap dan makan waktu karna harus diteliti dengan baik karna ini institusi yang akan membuat anak – anak pintar karena negara kita negara besar yang masih membutuhkan Sumber Daya Manusia yang baik dan handal”

“Salah satu infrastruktur yang dibutuhkan adalah sekilah – sekolah yang memenuhi persyaratan ”

“Saya merasa senang sekali mendapatkan laporan dari Dinas Pendidikan bahwa sekolah yang belum ada ijin oprasional agar di berikan ijin oprasianal, kalau soal tandatangan saya cepat tapi sekolah itu harus memenuhi persyaratan”.

” Karena itu, dengan diterbitkannya ijin oprasional sekolah maka suatu lembaga sekolah dinyatakan resmi berdiri” (ichal buga)