Bagian ke 4 – SBS Sangat Layak Pimpin Malaka Dua Periode (Catatan  Boni Atolan – Wartawan  radarmalaka.com Dalam Perspektif Media) – Komitmen Kerakyatan Seorang SBS Sangat Luar Biasa dan  Patut Diapresiasi

Komitmen Kerakyatan seorang SBS sangat luar biasa untuk membangun daerah ini dan patut diapresiasi. Hal itu dapat dideteksi melalui berbagai program yang dituangkan dalam Perda RPJMD Kabupaten Malaka.

Dalam catatan saya, komitmen kerakyatan yang dimiliki seorang SBS bukan sekedar slogan tetapi benar-benar tercermin dalam setiap program dan kegiatan pembangunan di Kabupaten Malaka selama lima tahun terakhir.

Dalam pandangan saya komitmen kerakyatan  seorang SBS merupakan roh dan nadi dalam pelaksanaan semua aktifitas yang berkaitan dengan Penyelenggaraan Pemerintahan, Pelaksanaan Pembangunan dan Pelayanan Kemasyarakatan.

Slogan Uang Rakyat Dikembalikan ke Rakyat, Untuk Rakyat Tidak Ada Kata Mahal dan Untuk Rakyat Jangan Katakan Tidak Ada Uang  dalam pandangan saya merupakan roh, Spirit dan fondasi yang sementara diletakkan dalam bingkai pelaksanaan Perda RPJMD Kabupaten Malaka selama lima tahun terakhir.

Di awal-awal tahun SBS memimpin Malaka sejak dilantik Februari 2016 slogan ini sering disampaikan SBS dalam berbagai kesempatan terutama  dalam setiap rapat bersama Kepala Perangkat Daerah, Camat ,  Desa dan Kepala Sekolah dalam acara coffe morning yang digelar SBS setiap bulan di Kantor Bupati Malaka.

Dalam Catatan saya, dalam meletakkan fondasi seorang SBS benar-benar menyiapkan jajaran dan stafnya secara baik agar memiliki konsep berfikir dan pemahaman yang sama terkait perencanaan dan pelaksana program kedepan.

Dari proses ini seorang SBS  benar-benar  memahami betapa pentingnya menyiapkan  stafnya untuk bekerja secara baik sesuai standart yang ditetapkan.

SBS menyadari sebelum mengimplementasikan berbagai program yang dicanangkan para staf perlu di brain washing untuk menyatukan persepsi dan pandangan  agar memiliki pemahaman yang sama terkait berbagai program yang akan dikerjakan.

Situasi yang hetrophily dengan berbagai latar belakang ( presdisposisi)  perlu dijadikan homophily supaya semua energy yang dikeluarkan benar-benar fokus dan terarah dalam merancang dan mengimplementasikan program guna percepatan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat di Kabupaten Malaka.

Program- Program pro rakyat yang selama ini sudah diimplementasikan dan dinikmati rakyat diantaranya pelayanan kesehatan dan pacul tanah yang didanai pemerintah serta berbagai program unggulan lainnya seperti Pembangunan infrastruktur Jalan dan SDM ( bersambung)