Alfred Baun Segera Diperiksa Polisi Terkait Dugaan Pencemaran Nama Baik Bupati Malaka

Ketua Araksi, Alfred Baun segera diperiksa Polisi terkait laporan pencemaran nama baik Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran yang sudah dilaporkan Kuasa Hukum Pemkab Malaka, Stefanus Matutina,SH beberapa waktu lalu.

Selain Alfred Baun, Pihak Kepolisian segera memeriksa Wartawan Sepangindonesia.com yang sudah merilis dan menurunkan berita itu. Pihak Kepolisian sudah melakukan pemanggilan terhadap Wartawan Sepangindonesia.com namun yang bersangkutan masih berada di Jawa melanjutkan studi.

Terhadap Wartawan Sepangindonesia.com pihak kepolisian memiliki dua alternatif yakni berkoordinasi dengan Pihak Kepolisian dimana wartawan itu berada saat ini untuk dilakukan pemeriksaan atau alternatif kedua, Polisi menggunakan sistim jemput bola yakni dengan cara penyidik dari Malaka mendatangi wartawan Sepangindonesia.com untuk lakukan pemeriksaan.

Hal itu disampaikan Kapolres Malaka, AKBP Albertus Neno kepada wartawan di Betun- Ibu Kota Kabupaten Malaka, Jumat (23/10-2020).

Dikatakannya, Polres Malaka tetap atensi untuk mentuntaskan kasus itu karena sudah lama dilaporkan ke Polres.

” Penyidik kita selama ini sudah berupaya melakukan pemanggilan bahkan mendatangi Wartawan Sepangindonesia.com tetapi yang bersangkutan masih di Jawa melanjutkan studi”

” Kita ada dua alternatif yakni Polres meminta bantuan penyidik di daerah dimana wartawan itu tinggal untuk dilakukan pemeriksaan disana. Atau alternatif kedua Penyidik kita di Polres yang jemput bola melakukan pemeriksaan di Jawa dengan mendatangi saksi”

Menurut Kapolres Albert, selama ini penyidik dan penyidik pembantu Polres Malaka sudah melakukan langkah-langkah untuk memenuhi syarat unsur formil perkara tersebut.

Tetapi, penyidik mengalami kendala. Kendalanya adalah salah satu saksi belum diperiksa, yakni saksi wartawan Sepang Indonesia.

Menurut Kapolres Albert, saat ini yang bersangkutan ada di Jawa. Penyidik sudah berusaha memanggil yang bersangkutan tetapi belum memenuhi panggilan penyidik.

Karena itulah, untuk kepentingan penyidikan, penyidik Polres Malaka akan melakukan terobosan. Caranya, penyidik Polres Malaka akan melakukan koordinasi dengan penyidik tempat di mana saksi bekerja atau berdomisili terakhir. Sehingga, saksi dari media online Sepang Indonesia dapat dimintai keterangan untuk proses hukum kasus pencemaran nama baik Bupati Malaka Stefanus Bria Seran sebagaimana dilaporkan kuasa hukum Pemkab Malaka, Stefanus Matutina, SH, beberapa waktu lalu.

Kapolres mengatakan pihaknya juga sesegera mungkin melakukan pemanggilan untuk pemeriksaan terhadap Ketua Araksi, Alfred Baun terkait kasus itu. (boni)