BKKBN gelar Soalisasi Advokasi dan KIE KKBPK bersama Mitra Komisi IX DPR RI di Kabupaten Malaka

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)mengadakan sosialisasi Advokasi dan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Program Bangga Kencana Bersama Mitra dalam rangka pencapaian program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana bersama komisi IX DPR RI sebagai Mitra yang dilaksanakan di Aula Susteran SSpS Betun, Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Minggu, 8 November 2020.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Pjs Bupati Malaka melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Maria Thresia Un Manek.

Dalam sambutannya ia mengapresiasi BKKBN dan Komisi IX karena kesejahteraan masyarakat Malaka tentu dimulai dari keluarga sejahtera. Ia juga mengingat kan kepada seluruh peserta dapat memperoleh manfaat dari kegiatan ini dan membawanya ke desa dan tempat tinggal masing-masing.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini adalah program Mitra antara BKKBN dan Komisi IX DPR RI yang dibantu oleh BKKBN Provinsi dalam rangka pengendalian penduduk dan perencanaan keluarga serta penanganan stunting di Negara ini.

Selanjutnya Ketua DPD I Partai Golkar NTT itu juga mengatakan bahwa penanganan stunting menjadi fokus utama di Negara ini oleh karena nya kewenangan tersebut telah diberikan kepada BKKBN sehingga melalui sosialisasi ini bisa tersampaikan ke kader-kader KB serta kelompok-kelompok masyarakat dan generasi muda agar bisa menjadi perhatian kedepan dalam membangun keluarga kedepan dan memperhatikan tumbuh kembang anak yang sehat.

Ketika ditanya soal dukungan DPR RI terhadap penanganan stunting khusunya di Malaka, Melki mengatakan DPR RI mendukung melalui politik anggaran yang akan diberikan ke daerah melalui makanan tambahan gizi bagi ibu hamil dan menyusui serta Balita selain itu ada anggaran bagi Pemerintah Daerah untuk memanfaatkan makanan lokal yang memiliki nilai gizi bagi Ibu hamil menyusui dan Balita.

Untuk diketahui bahwa pemateri dalam sosialisasi ini dari Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena, Inspektur Wilayah I Maria Vianney Chinggih W., dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTT, Marius Maukuru dan dihadiri oleh kader KB dari 12 kecamatan se- Kabupaten Malaka dan juga serta dari Pemuda dan Mahasiswa.

Selain itu hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, Tokoh Masyarakat Malaka Bria Yohanes. (Sergy klau,)