SBS  Pastikan Tata Ulang Sistim Pelayanan Air Bersih Bagi Warga di Malaka

Calon Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran memastikan akan melakukan penataan ulang sistim pelayanan air bersih bagi warga di Kabupaten Malaka.

Pemerintah akan  tata organisasi dan penanggarannya dengan baik agar pelayanan air bersih untuk rakyat lancar dan teratur.

Hal itu disampaikan Calon Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran menjawab permintaan warga saat Kampanye Pertemuan Terbatas di dusun Fatukres -Desa Taaba – Kecamatan Weliman -Kabupaten Malaka, Senin (16/11-2020)

Dikatakannya, khususnya untuk desa Taaba yang kesulitan air bersih  secara permanen maka dilakukan penanganan secara khusus sehingga suplay air bersih tetap teratur dan berkesinambungan agar rakyat tidak kekurangan air bersih. Sementara desa-desa yang memiliki potensi sumber air bisa dikembangkan dan dikemas dalam program pipanisasi untuk melayani air bagi masyarakat.

Dijelaskannya,  dalam penanganan air bersih bagi warga pihaknya akan mengoptimalkan armada truk tangky air yang dimiliki pemerintah untuk mensuplay air bagi rakyat.

” Kita akan tata ulang organisasinya termasuk penganggaran dengan baik”

” Kita bayar sopir pengangkut air karena pekerjaan yang  dilakukan..  Insentif sopir dihitung dari  Payment for Performance (bayar karena kerjanya)”

” Khususnya untuk desa Taaba dan Biris pengaturannya tetap dilakukan karena daerah-daerah seperti ini mengalami kesulitan air bersih  secara permanen karena tidak ada sumber air yang bisa dialirkan ke rakyat”

” Pengaturan seperti ini perlu dilakukan.  Ini  memang mahal  tetapi motto APBD kita  : bagi rakyat tidak ada kata mahal, bagi rakyat tidak boleh katakan tidak ada uang”

” Kita harus ada  mobil  pengangkut air dan penganggaran yang memadai. Walau hight cost tetapi harus dilakukan karena itu kebutuhan rakyat”

“Bila dalam tahun  2021 belum dianggarkan maka bisa digunakan dana emergency” ( boni)