DPT Pilkada  Malaka 2020  Tidak Ada Dalam Database Disdukcapil Malaka? Wow ada apa?? Baca Disini!!!

Penetapan Data Pemilih Tetap (DPT) untuk pelaksanaan Pilkada  Malaka tahun 2020  oleh Ketua KPU Malaka, Makarius Bere Nahak, Selasa  tanggal 13/10-2020  dalam dua hari terakhir menjadi tranding topic bagi warga Kabupaten Malaka bahkan di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Isu itu mulai merebak dan mencuat ke permukaan tatkala ada segerombolan rakyat Malaka berbondong-bondong ke Bawaslu Malaka  Selasa lalu melaporkan hasil temuan dokumen  yang dinilai bermasalah  karena menurut pelapor terdapatnya banyak DPT ” siluman” yang harus diurus dan diluruskan karena berpotensi sebagai pelanggaran dalam perhelatan pilkada Malaka Desember lalu.

Isu ” DPT Siluman” itu semakin terang benderang ketika Tim Kuasa Hukum, Paslon SBS-WT, Yafet Yosafet Wilben, dkk menggelar Konfrensi Perss bersama wartawan di Amaris Hotel, Kupang, Rabu malam (06/01/2021).

Dalam konfrensi Pers itu Yafet Yosafet Wilben menjelaskan dari hasil penelitian sementara, penyebaran 2.039 NIK Siluman tersebut terdapat di 117 TPS di 30 desa dari tota 127 desa di 12 Kecamatan yang ada di Malaka.

Angka tersebut  masih bisa tertambah mengingat tim baru berhasil mengidentifikasi 30 desa tersebut dan masih melanjutkan dengan identifikasi terhadap data 97 desa lainnya.

Terpisah, Anggota Tim Hukum Paslon SBS-WT, Joao Meco kepada wartawan, Jumat ( 8/1-2021) mengatakan dari hasil penelusuran tim terdapat banyak DPT ‘ siluman” yang menyebar secara masif diberbagai Kecamatan – Desa dan TPS di Malaka.

” Kita katakan DPT Siluman karena nama-nama yang tertera di DPT yang ditetapkan Ketua KPU Malaka tanggal 30/10 -2020 dalam Model A.3 KWK terdapat nama pemilih dimana data yang bersangkutan tidak ada dalam database Disdukcapil sehingga keabsahannya patut dipertanyakan”

” Contohnya saja di TPS 2 Desa Leunklot – Kecamatan Weliman terdapat 17 DPT siluman karena tidak tercatat dalam database Disdukcapil”

” Di Desa Rabasahain – Malaka Barat TPS 2 terdapat 16 DPT Siluman”

” Di TPS 1 Desa Forekmodok – Kecamatan Weliman ada 14 DPT siluman. 13 Pemilih tidak tercatat dalam database dinas Kependudukan dan 1 Pemilih lainnya sudah pindah penduduk di Fatuk Bot- Atambua Selatan tetapi namanya masih muncul di DPT yang disahkan KPU”

” Di TPS 3 Desa Dirma – Malaka Timur terdapat 13 DPT Siluman, 11 DPT tidak ada dalam database dan dua lainnya sudah pindah penduduk di daerah lain tetapi namanya masih muncul di DPT”

” Hal yang sama juga masih muncul di TPS 1 Desa Wemeda – Malaka Timur ada 3 DPT siluman yang tidak ada databasenya”

Meco mengatakan pihaknya terus
melakukan penelusuran untuk mengungkap berbagai dugaan pelanggaran pemilu dan berharap Bawaslu Malaka harus proaktif dan responsif terhadap pengaduan masyarakat agar ditindaklanjuti supaya tidak menjadi bahan pertanyaan masyarakat.

” Ini baru satu item pelanggaran yang diungkap dan tim kita terus bekerja untuk mengungkap item-item pelanggaran lainnya karena dari hasil penelusuran yang ada masih terdapat item pelanggaran lainnya” ( boni)