Bupati TTU : Bumdes Harus Jadi Lokomotif Pertumbuhan  Ekonomi di Desa

Bupati  TTU, David Juandi mengatakan Bumdes harus bisa menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi masyarakat di desa.

Untuk itu Bumdes harus ditata menjadi wadah yang bisa memacu percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan mengoptimalkan usaha masyarakat yang disesuaikan dengan potensi masyarakat  di desa.

Langkah awal yang harus dilakukan yakni menyiapkan SDM Pengelola Bumdes yang handal agar mampu mengelola semua potensi yang ada.

Hal itu disampaikan Bupati TTU, David Juandi kepada wartawan di Kupang, Sabtu ( 27/2-2021).

Dikatakannya, sesuai program Desa Sejahtera yang dicanangkan maka semua potensi didesa harus dipotimalkan pemanfaatannya untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat.

” Karena desa itu menjadi Central pembangunan maka penyiapan dan penguatan  SDM di desa harus dipersiapkan  terurama SDM Aparat Desa serta  SDM pengelola Bumdes”

David menjelaskan sesuai program Desa Sejahtera yang diusung maka berbagai potensi desa harus bisa dikembangkan terurama dibidang pertanian dan peternakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.

” Dalam konsep dan program Desa Sejahtera maka rakyat di desa harus menjadi pelaku utama pembangunan dan salah satunya dibidang ekonomi”

” Semua potensi di desa harus bisa dikelola sebagai sumber penghidupan rakyat”

” Bumdes juga harus bisa disiapkan menjadi lembaga ekonomi rakyat di desa untuk bisa menghimpun hasil-hasil masyarakat termasuk pendistribusian hasil yang bisa menguntungkan rakyat” ( boni)