Penjabat Bupati Malaka Pantau Situasi Gereja Jelang Hari Raya Paskah

Menjelang Hari Raya Paskah di Kabupaten Malaka yang akan diawali dari Kamis Putih hingga Paskah Kedua, Penjabat Bupati Malaka Victorianus Manek, S.Sos, M.Si bersama Staf Ahli Bupati, para Asisten Setda Malaka dan Pimpinan Perangkat Daerah melakukan pemantauan di gereja-gereja, Rabu (31/3).

“Hari ini saya bersama Pimpinan Perangkat Daerah melakukan pemantauan untuk mengecek kesiapan gereja-gereja dalam menghadapi perayaan Paskah yang akan dimulai esok,” katanya di sela-sela kunjungan.

Gereja pertama yang dikunjungi yakni GMIT Ebenhaezer Betun. Penjabat Bupati Malaka diterima dengan hangat Pendeta Matelda Yeane Tadu, S.Si (Theol) dan langsung melihat situasi dalam gereja termasuk interior gereja dan penerapan protokol covid-19 untuk jemaat.

“Kami atur tempat duduk dalam gereka dengan menggunakan nomor urut sehingga setiap jemaat yang datang sudah tahu tempatnya sesuai aturan protokol kesehatan yakni menjaga jarak,” jelas Pendeta Matelda.

Selanjutnya rombongan menuju ke Dekenat Malaka dan bertemu Deken Malaka, Romo Edmundus Sako, Pr.
Deken Malaka menjelaskan bahwa mulai perayaan Kamis Putih hingga Paskah Kedua akan dilaksanakan pada siang hari.

“Tidak ada perayaan Paskah yang dilaksanakan pada malam hari seperti biasanya. Dan kami tetap menjaga situasi keamanan dan penerapan protokol kesehatan covid-19,” kata Romo Mundus.

Di Paroki Santo Yohanes Babtista Besikama, Penjabat Bupati dan rombongan bertemu dengan pastor paroki Romo Sirilus Timo, Pr dan melihat langsung kondisi gereja tersebut dan mengharapkan kepada pastor untuk tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 saat perayaan Paskah nanti. (kominfomalaka)