Penjabat Bupati Malaka Turun Lapangan, Tinjau Lokasi Banjir dan Kondisi Warga

Penjabat Bupati Malaka, Viktorius Manek, S.Sos, M.Si bersama instansi tekhnis terkait seperti Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gabriel Seran, Kepala Dinas Sosial Folgentius Fahik, Kepala Dinas PUPR Yohanes Nahak, Dinas Kesehatan, Satpol PP Daniel Bria dan Kabag Protokol Hendrina Lopo turun lapangan untuk melihat langsung kondisi warga, yang terdampak bencana banjir DAS Benenain akibat curah hujan yang tinggi satu minggu terakhir.

Pantauan itu dilakukan di Dusun Manumuti Brubit, Desa Naimana, Kecamatan Malaka Tengah, Jumat (2/4).

Penjabat Bupati Viktorius ketika berada di lokasi mengatakan bahwa tanggul yang sementara dirinya berada di atas jebol dan air langsung menghantam pemukiman penduduk beberapa desa di antaranya Naimana, Fahiluka, Lawalu, Railor di Kecamatan Malaka Tengah.

“Sementara Saya bersama dinas dan instansi tekhnis dan juga masyarakat berada di lokasi jebolnya tanggul di Manumuti Brubit, Desa Naimana. Jebolnya tanggul itu karena curah hujan yang sangat tinggi dan menghantam tanggul hingga rubuh,” ungkapnya.

Viktorius yang juga Kepala Dinas PMD Provinsi NTT mengemukakan setelah melihat langsung, sekitar 100 meter lebih tanggul yang jebol itu.

“Saya melihat langsung kondisi tanggul di lokasi dan sekitar 100 meter lebih tanggul itu jebol dan banjir menggenangi pemukiman warga. Oleh karena itu sesuai tugas dan kewenangan masing-masing instansi tekhnis, kita bergerak cepat untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Intinya, pemerintah tidak tinggal diam dan tetap berada bersama warga,” katanya.

Penjabat Bupati Malaka juga mendengar langsung keluhan warga soal genangan air banjir yang masuk ke rumah, lahan dan hasil pertanian yang dilanda banjir serta dampak ikutan seperti sulitnya akses transportasi.

“Kami sudah datang lihat sendiri dan pasti segala keluhan warga akan kita perhatikan, sehingga Saya minta kepada tenaga di lapangan agar senantiasa sigap,” ungkapnya lagi.

Selain pantau langsung tanggul yang jebol di Desa Naimana, Penjabat Bupati Malaka dan dinas terkait memantau juga keadaan di sekitar rumah warga di sepanjang jalan yang terdampak bencana banjir. (hk)