Desa Diminta Segera Laporkan Data Kerusakan Akibat Banjir- Hingga Saat Ini Desa Terdampak 35 Desa Dari 7 Kecamatan di Malaka

Desa yang terdampak banjir di Malaka harus segera didata oleh kepala desa terkait kerusakan dan kerugian yang dialami warganya.

Pendataan yang diharapkan sesuai by name dan by addres agar memudahkan pemerintah melakukan intervensi sesuai program yang ada.

Hingga saat ini jumlah desa yang terdampak banjir sudah 35 desa dari 127 desa di Malaka yang menyebar pada 7 Kecamatan di Malaka.

Jumlah diatas masih bisa bertambah sesuai hasil laporan dari desa-desa kedepan.

Hal itu disampaikan Kalak BPBD Kabupaten Malaka, Gabriel Seran kepada wartawan, Rabu (7/4-2021).

Dikatakannya, data riil dari desa terkait kerugian dan kerusakan yang ditimbulkan akibat banjir itu tetap ditunggu BPBD hingga saat ini.

” Tim kita sudah turun ke desa-desa untuk mengambil data itu sehingga desa harus proaktif untuk membuat laporan sebagai dasar untuk mengakses bantuan pemerintah”

” Kita juga sudah menyampaikan hal ini lagi melalui group WA agar desa harus proaktif memasukkan data kerusakan riil yang ditimbulkan oleh banjir”

” Desa yang memasukkan data akan diproses dan bila ada desa yang tidak memasukkan laporan dan data kerusakan dianggap tidak bermasalah”

” Hari ini kita sudah dapatkan laporan baru dari desa yang terdampak banjir yakni di Kecamatan Malaka Tengah ( desa Suai), Kecamatan Weliman ( Desa Haitimuk) dan empat desa di Malaka Timur yang langsung diantar Camat”

” Jumlah diatas masih bisa bertambah bila ada tambahan laporan dari desa-desa terdampak banjir di Malaka” ( boni)