VISITASI LLDIKTI WILAYAH XV DI KAMPUS STISIP FAJAR TIMUR ATAMBUA

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi LLDIKTI Wilayah XV bersama Team Struktural melakukan Visitasi ke STISIP Fajar Timur Atambua, Rabu 21 April 2021.

Adapun staf yang mengikuti visitasi tersebut yakni dari Pokja Kelembagaan, Pokja Pangkalan Data, Pokja Kemahasiswaan, Pokja Mutu Akademik, Pokja Program dan Anggaran. Pokja SDM serta Sekretaris Kepala.

Dalam kunjungan tersebut, Ketua STISIP Fajar Timur beserta dosen dan tenaga kependidikan menerima Kepala LLDIKTI Wilayah XV beserta staf di depan kampus STISIP Fajar Timur.

Seusai penerimaan yang ditandai dengan pengalungan, pihak STISIP Fajar Timur beserta rombongan LLDIKTI Wilayah XV memasuki Aula STISIP Fajar Timur.

Pertemuan dibuka oleh Ketua STISIP Fajar Timur dengan memberikan pernyataan selamat datang sekaligus beliau mengungkapkan bahwa hari ini adalah Hari Kartini yang melegakan karena Kepala LLDIKTI Wilayah XV beserta rombongan dapat berkunjung ke STISIP Fajar Timur guna memberi arahan, pendampingan, pengendalian, sekaligus tindakan pengawasan kepada perguruan tinggi swasta.

Ketua STISIP Fajar Timur menyampaikan juga proficiat atas terbentuknya LLDIKTI Wilayah XV yang sudah lama diperjuangkan termasuk oleh APTISI NTT yang diketuai oleh Dr. Drs. Rm. Marcel Bria, Pr. MA yang adalah Ketua STISIP Fajar Timur saat ini.

Pertemuan dengan Ketua, para dosen dan tenaga kependidikan STISIP FTA di Aula kampus STISIP Fajar Timur, Kepala LLDIKTI Wilayah XV menyampaikan hal – hal penting sehubungan dengan pengelolaan perguruan tinggi swasta.

Salah satu aspek penting dari eksistensi perguruan tinggi adalah mahasiswa, baik jumlahnya yang harus memenuhi standar maupun aktifitas mahasiswa dalam menjalani proses akademik sampai dengan selesai studi.

Variabel penentu lainnya yang ditegaskan adalah sumber daya manusia khususnya bagi dosen yang harus memenuhi standar kualifikasi pendidikan, jabatan fungsional, sertifikasi dosen serta pelaksanaan tugas dosen menyangkut darma pendidikan, penelitian dan pengbadian kepada masyarakat.

Saat ini LLDIKTI Wilayah XV menyediakan dana yang cukup besar untuk pelayanan dosen khususnya sertifikasi dosen, penelitian dan pengabdian oleh dosen melalui kompetisi seleksi dokumen. Berkaitan dengan penelitian dan pengabdian oleh dosen LLDIKTI Wilayah XV telah merencanakan untuk melaksanakan pelatihan teknis penyusunan proposal bagi para dosen.

Dalam visitasi tersebut Kepala LLDIKTI Wilayah XV juga menegaskan agar pengelola perguruan tinggi swasta hendaknya melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk memperkuat kelembagaan perguruan tinggi juga untuk menunjang akreditasi perguruan tinggi dan program studi.

Kegembiraan para dosen terletak pada upaya menekuni penelitian dan pengabdian kepada masyarakat karena negara mengalokasikan dana yang cukup besar untuk menambah kesejahteraan para dosen dengan melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Lebih dari itu, penelitian dan pengabdian dosen merupakan jalur untuk meningkatkan profesionalisme dosen, meningkatkan kecerdasan, ilmu pengetahuan dan juga sebagai salah satu sumber pendapatan.

Aspek kelembagaan dari perguruan tinggi yang dipandang penting adalah perguruan tinggi maupun program studi harus terakreditasi.

Perguruan tinggi yang terakreditasi C hendaknya berjuang untuk meningkatkan statusnya menjadi akreditasi B atau A. Oleh karena itu, para dosen harus memiliki jabatan fungsional sebagai prasyarat untuk mendapat sertifikasi dosen yang oleh LLDIKTI Wilayah XV telah menyiapakan dana lebih dari Rp 20 Milyar lebih pada Tahun 2021. Para dosen hendaknya menangkap peluang ini, tandas Kepala LLDIKTI Wilayah XV Prof. Dr. Mangadas Lumban Gaol, M.Si

Usai pertemuan dengan Ketua, para Dosen dan Tenaga Kependidikan STISIP Fajar Timur. Kepala LLDIKTI Wilayah XV beserta rombongan melanjutkan perjalanan dinas ke Kabupaten Malaka (STKIP Sinar Pancasila Betun). ( febry)