Hindari Bencana Banjir Tahunan : Pemerintah Harus Tangani DAS Benenai Secara Terencana dan Berkesinambungan

Pemerintah Kabupaten Malaka harus memiliki perencanaan yang matang untuk menangani DAS Benenai.

Penanganan DAS Benenai harus dilakukan secara terencana dan berkesinambungan melalui program yang dikemas melalui program pemerintah sehingga masyarakat sepanjang DAS Benenai bisa terhindar dari banjir bandang tahunan yang selalu menghantui warga setiap tahun.

Tokoh masyarakat Kabupaten Malaka, Nahak Balthasar mengatakan hal itu kepada wartawan di Oanmane- Kecamatan Malaka Barat – Kabupaten Malaka – Provinsi NTT, Selasa ( 27/4-2021).

Nahak mengatakan pemerintah melalui dinas teknis terkait harus benar-benar memiliki komitmen untuk menangani DAS Benenai supaya masyarakat yang berada sepanjang DAS Benenai bisa selamat dari banjir bandang yang selalu menjadi tamu rutin setiap tahun.

” Kita minta supaya persoalan banjir bandang Benenai dan Motadelek harus diurus supaya tidak merusak berbagai infrastruktur, sarana/prasarana termasuk harta benda milik masyarakat”

” Kalau sudah bencana banjir kita semuanya rugi karena berbagai sarana pelayanan publik rusak diterjang banjir”

” Kalau dikalkulasikan kerugian masyarakat akibat banjir sangatlah besar. Itu baru kerugian material belum imaterial”

” Soal penanganannya silahkan pemerintah melakukan kajian . Mau buat tanggul atau bronjong atau normalisaai kali itu tergantung perencanaan pemerintah”

” Untuk penanganan DAS harus alokasikan anggaran tetap sehingga setiap tahun bila memerlukan perbaikan ada anggarannya”

” Jangan tunggu kalau sudah terjadi bencana baru semuanya pada kelabakan”

” Lebih baik mencegah supaya tidak terjadi luapan banjir ketimbang sudah meluap baru ditangani tentu kerugiannya lebih besar”

” Tahun ini tanggul kita yang jebol diperbaiki pemerintah pusat melalui kementrian PUPR, sehingga kita di daerah harus menjaga dan merawatnya supaya tidak rusak dan tidak jebol” ( boni)