SMAN 1 Malaka Barat Gelar Bersih-Bersih Lumpur Pasca Banjir Sepanjang Ruas Jalan Kleseleon – Besikama

Kepekaan lembaga pendidikan akan kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat pasca bencana banjir di Kabupaten Malaka sangat luar biasa.

Setidaknya, hal itu dapat dideteksi melalui baksos yang digelar Keluarga Besar SMAN 1 Malaka Barat dengan cara bersih-bersih
lumpur dan material banjir pasca bencana banjir disepanjang ruas jalan Kleseleon – Besikama, Rabu (5/5-2021)

Pastor Paroki Kleseleon, Rm Leo Nahas, Pr memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar SMAN 1 Malaka Barat yang memiliki kepedulian untuk membersihkan lumpur dan tumpukan material banjir sepanjang jalan utama di Jalur Selatan Pulau Timor itu.

” Saya merasa sangat heran dan prihatin dengan kondisi di Malaka karena sudah sebulan tumpukan tanah berlumpur ini dibiarkan saja tanpa ada kepedulian siapapun termasuk pemerintahan Kabupaten Malaka”

” Saya patut mempertanyakan kepedulian pemerintah Daerah Kabupaten Malaka dalam hal pembiaran ini karena dampak tumpukan material banjir itu sangat mengganggu aktivitas masyarakat”

” Jika panas maka banyak debu beterbangan yang akibatnya sangat buruk untuk kesehatan,tetapi jika hujan ruas jalan sangat becek dan membahayakan pengguna jalan.
Pertanyaan saya : pembersihan ini tugas utama siapa? Apakah semua sekolah di wilayah ini harus tinggalkan kelas tuk mengikuti keteladanan dan kepedulian SMAN malaka Barat???? ”

” Sebagai Pastor Paroki saya memberikan preseasi dan support untuk kebijakan Kasek Antonius Atok Tahu, S. Pd bersama jajarannya yang memiliki kepedulian kerja bakti pembersihan hari ini. Tuhan pasti memberkati senantiasa”

Kasek SMAN I Malaka Barat, Antonius Atok Tahu, S. Pd kepada wartawan mengatakan baksos yang digelar merupakan bentuk kepedulian SMAN 1 Malaka Barat terkait bencana banjir di Malaka.

” Kami lihat sepanjang perjalanan pada ruas jalan Kleseleon – Besikama pasca bencana banjir masih terdapat lumpur dan material banjir yang menumpuk di bahu dan badan jalan itu sehingga dengan baksos ini diharapkan bisa mengurangi lumpur di jalan saat hujan dan debu yang beterbangan disaat panas”

” Kita berharap dengan baksos ini bisa bermanfaat dan memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan dan warga yang bermukim disekitar ruas jalan itu” ( boni)