Mexico, USA, Italy Loloskan Tim Putri Ke Olimpiade, Indonesia Kandas Di 8 Besar.

Hari kedua babak prakualifikasi Olimpiade mempertandingkan nomor beregu putri, untuk merebut 3 tiket sisa menuju Olimpiade Tokyo. Indonesia menurunkan trio srikandi Diannanda Choirunnisa, Titik Kusumawardhani dan Rezza Octavia. Pertandingan berlangsung Charlyeti Stadium, minggu (20.6/21).

Langkah Indonesia terhenti di tangan Mexico setelah melalui tie break, setelah ke dua tim bermain seri 4-4. Indonesia kandas dengan skor 4-5.

Mengawali seri aduan, srikandi Indonesia tampil meyakinkan mengalahkan Swedia 6-0. Melawan Polandia, Diananda, Titik, Rezza unggul 6-2, dan masuk 8 besar menghadapi Mexico yang ranking 1 babak kualifikasi. Indonesia di babak kualifikasi menduduki ranking 9.

Pertandingan dranatis anatar Indonesia melawan Mexico, sempat memimpin 4-0, disamakan 4-4 oleh Mexico, tie break dimenangkan Mexico. Di semi final Mexico bertemu Italy dan USA lawan Spanyol. Mexico dan USA berhasil mengamankan tiket Olimpiade dan satu tiket tersisa berhasil diamankan Italy setelah mengalahkan Spanyol. Mexico keluar sebagai juara setelah di final mengalahkan USA.

“Kita kalah terhormat, yang kita hadapi ranking 1 kualifikasi. Hasil yang dicapai tim Indonesia masuk 8 besar sudah maksimal. Meski sempat unggul 4-0 di awal, namun mereka mampu bangkit mengejar hingga tie break”, ujar Infithar Fajar Putra.

Persaingan merebut tiket menuju Olimpiade Tokyo di nomor recurve putri kali ini sangat ketat, diluar duagaan tim unggulan, tuan rumah Perancis dan India kandas di 16 besar.

“Kita tetap bersyukur, hasil ini menjadi bekal untuk atlet putri kita mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk menghadapi SEA Games Vietnam”, tegas Infithar Fajar Putra, Wakabid Organisasi PB. PERPANI yang memimpin rombongan ke Paris.

Hasil ini sudah maksimal, kita bersyukur anak-anak sudah memberikan yang terbaik bagi merah putih. Terima kasih kepada atlit dan pelatih yang sudah berjuang di Perancis, jangan patah semangat kita tetap mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk Tokyo nanti, tegas Manejer timnas Ikhsan Ingratubun yang selalu mengikuti perkembangan para atlit selama berada di Perancis.

Dengan berakhirnya prakualifikasi Paris, Indonesia memastikan akan mengirim 1 atlit putri dan 3 atlit putra ke Olimpiade Tokyo 23 Juli – 8 Agustus 2021. Chef de Mission (CdM) Olimpiade untuk Indonesia, Rosan P. Roeslani, berharap Indonesia bisa menambah wakil di Olimpiade Tokyo sehingga totalnya menjadi 30 atlet. ( fw)