Ollis Datau Dewan Pembina MIO Indonesia: Terima Kasih Relawan Jumat Barokah LIRA Pekanbaru.

PEKANBARU – Di era pandemic seperti saat ini peran masyarakat sangat dibutuhkan pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran virus corona. Kelompok masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Koyta Pekanbaru, jumat (6/8) melakukan aksi sosial Jumat Barokah, dengan melibatkan Relawan Jumat barokah bersama sejumlah tokoh masyarakat. Aksi sosial kelompok Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) binaan Presiden LIRA OLies Datau yang juga Dewan pembina Media Independen Online Indonesia (MIO Indonesia) cukup menarik perhatian publik.

Walikota LIRA Sucipto mengatakan, Tim yang kita bangun dari kalangan ibu-ibu tangguh Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) ini terus melakukan komunikasi ke pihak eksekutif maupun legislatif. Seperti halnya, giat JB LIRA kemarin, Jumat (06/08) melibatkan Anggota DPRD Provinsi Riau dari Fraksi Golkar H Parisman Ihwan SE MSi dan Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) Covid 19 Kota Pekanbaru, dr Arnaldo Eka Putra. Kami menyisiri gang di area perumahan warga yang menjadi sasaran penerima bantuan dan mengajarkan masyarakat menjalankan protokol Kesehatan yang benar, seperti cara mencuci tangan, menggunakan masker dan berjaga jarak dalam berinter aksi dengan sesama.

Bencana non alam ini, tidak sama dengan bencana alam yang dapat kita hindari, maka penggerak LIRA bersama Pemuda LIRA pimpinan Khairil Anuar ST M.Si dalam giat sosial perlu lebih awal memahami dan detail pola penyebaran virus covid-19 bahkan varian delta. Tim Relawan Jumat Barokah LIRA mengundang dokter spesialis di bidangnya, dan pihak legislatif yang giat dalam sosialnya di tengah masyarakat agar kami dari relawan Jumat Barokah mendapat pencerahan serta bisa juga mensosialisasikannya ke masyarakat, papar Sucipto Sabtu (07/08) di Pekanbaru.

Pada kesempatan itu Relawan LIRA bersama Anggota DPRD Riau H Parisman Ihwan dan Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) Covid 19 Kota Pekanbaru, dr Arnaldo Eka Putra menyerahkan bantuan sembako secara simbolis sekaligus memberikan pencerahan tentang penyebaran virus covid-19.

Dalam giat ini, kami mengucapkan terimakasih kepada pihak legislatif dan eksekutif yang turut peduli. Pembelajaran ini akan turut kita sosialisasikan kepada masyarakat kedepannya.
Setiap giat Relawan Jumat Barokah LIRA turun ke tengah-tengah masyarakat membangun silaturrahmi, juga akan mensosialisasikan pola hidup sehat dan memberikan semangat kepada sesama warga. Pentingnya vaksinasi bagi yang bisa di vaksin dan juga perlu menjaga imun tubuh kita meningkat sehingga mampu menjadi pertahanan melawan virus, ujar Rosmala Sekretaris Lira Pekanbaru.

Sebagai Presiden LIRA, saya bangga dan menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pengurus dan Relawan LIRA serta semua pihak yang telah membantu sehingga LIRA terus bergerak membantu masyarakat. Dari pantauan saya LIRA Kota Pekanbaru setiap minggu melakukan aktivitas sosial, mereka turun dengan bantuan secara mandiri kepada masyarakat, inilah yang mestinya dilakukan organisasi masyarakat atau kelompok masyarakat untuk saling membantu di tengah pandemic, bantulah rakyat membutuhkan uluran tangan, jangan hanya mengkritik pemerinah tapi kita hanya berpangku tangan, melepaskan beban ini hanya kepada pemerintah saja, tegas Olis Datau wanita berdarah Gorontalo di Sekretariat MIO Indonesia di bilangan Jakarta Pusat. ( fw)