Arifin H. Muhtar, S.Sos.,MM Terpilih Sebagai Ketua Umum/Formatur Kerukunan Keluarga Bima-Dompu (KKBD) Wilayah NTT Periode 2021-2024.

Suasana Musyawarah Wilayah (Muswil) V Kerukunan Keluarga Bima-Dompu (KKBD) Provinsi NTT secara Virtual memalui aplikasi Zoom yang digelar di kediaman Dr. H. Jakariah, M.Pd.di jalan Soeverdy Kelurahan Oebufu Kec. Oebobo Kota Kupang, Minggu (08/08/2021).

Pimpinan Wilayah Kerukunan Keluarga Bima-Dompu (KKBD) Provinsi NTT Minggu, 08/08/2021 melaksanakan Musyawarah Wilayah (Muswil) V secara Virtual memalui aplikasi Zoom dalam rangka Laporan Pertanggungjawaban Kinerja Kepengurusan Masa Bakti 2017-2020, Pembahasan AD/ART, Program Kerja, Rekomendasi dan juga Pemilihan Kepemimpinan Baru Masa Bakti 2021-2024. Acara tersebut digelar di secretariat KKBD/kediaman Dr. H. Jakariah, M.Pd.di jalan Soeverdy Kelurahan Oebufu Kec. Oebobo Kota Kupang secara Virtual. Acara Pembukaan Musyawarah Wilayah (Musywil) V Kerukunan Keluarga Bima-Dompu (KKBD) Provinsi NTT Tahun 2021 dengan mengusung tema “Dengan Muswil Ke V Kita Tingkatkan Peran KKBD Wilayah NTT Demi Kemajuan Pembangunan NTT Bangkit Menuju Sejahtera” dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina KKBD NTT, Pengurus Wilayah KKBD NTT, Dewan Pembina KKBD Kota Kupang, Ketua KKBD Cabang Kota Kupang, Ketua KKBD Cabang Alor serta seluruh Peserta/peninjau Musyawarah Wilayah V dari 22 Cabang Kabupaten/Kota Kerukunan Keluarga Bima-Dompu (KKBD) se-NTT.

Pembukaan kegiatan Musyawara Wilayah (Muswil) V secara Virtual memalui aplikasi Zoom ini diikuti oleh Pengurus Wilayah dan 22 pengurus Cabang Kota/Kabupaten se NTT di awali Open Ceremoni oleh MC yang dilanjutkan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh 2 orang Qorih Internasional asal Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) yaitu Irwan Ismail, S.Sos (MTQ Quwait, 2016) dan Syamsuri Firdaus (MTQ Turki, 2019), dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Laporan Panitia Pelaksana oleh Drs. Edy Mansyur dan Sambutan Ketua Wilayah KKBD NTT dalam hal ini disampaikan oleh sekretaris Umum Dr. H. Jakariah, M.Pd sekaligus membuka acara dengan resmi.

Dalam sambutan beliau mengungkapkan kebahagian dengan penuh haru bahwa setelah 2 kali penundaan, penundaan pertama awal masa pandemi Covid 19 dan penundaan kedua karena badai Seroja yang melanda sebagian wilayah NTT, hari ini tanggal 08 Agustus 2021 baru bisa di laksanakan”. “Ia menambahkan Musywil V sangat penting untuk di jadikan mumentum memperbaiki dan menata administrasi organisasi KKBD Wilayah maupun KKBD Kota dan Kabupaten kedepan, memalui momentum ini kita juga didorong untuk menyatukan langkah, pikiran,dan tenaga dalam mewujudkan tujuan bersama yaitu terwujudnya warga KKBD yang bermartabat,bermakmur, aman, damai bersama seluruh komponen masyarakat serta mendukung semua program pemerintah dalam memajukan harkat dan martabat Daerah NTT”Tandasnya.

Sebelum membuka secara resmi Musywil V KKBD NTT sekretaris KKBD juga memberikan apresiasi kepada paniti pelaksana musywil serta menyampaikan rasa bangga dan terimaksih atas kehadiran musyawirin dari berbagai daerah di NTT dan menaruh harapan kepada para musyawirin untuk selalu menjaga kerukunan dan keharmonisan di Nusa Terindah Toleransi (NTT).

Selanjutnya melalui sidang pleno yang di pimpin oleh 4 orang pimpinan sidang yaitu Drs. Ambo, M.Si, Idris M. Ali, S.Sos.,M.Si, Dr. H. Abdul Majid, M.Kes, dan Dr. H. Sulaiman, SE.,MM.,membahas tentang Laporan Pertanggungjawaban, AD/ART, Program Kerja, Rekomendasi dan juga Pemilihan Kepemimpinan Baru Masa Bakti 2021-2024.Akhirnya berdasarkan hasil voting dan persetujuan peserta musyawarah memutuskan secara aklamasi Arifin H.Muhtar, S.Sos.,MM sebagai calon tunggal Ketua Umum/Formatur KKBD Wilayah NTT Periode 2021-2024. Dan atas usulan dan permintaan peserta musywil Bapak Arifin H. Muhtar, S.Sos.,MM memaparkan Visi “Mewujudkan Komunitas KKBD yang handal, Sinergitas dan Berdaya secara Ekonomi, Pendidikan, Agama, Sosial, Politik, dan Budaya dalam era digitalisasi dan persaingan global, yang jabarkan secara gamblang dalan Misi kedepan serta mengusung program unggulan dengan filosofi “JOMPA”, yang berarti tempat menyimpan dan menampung persediaan hidup dalam jangka lama untuk mempertahankan hidup yang berkelanjutan”. Tutur Arifin.

“JOMPA” juga merupakan singkatan dari : Jumat Mengaji; Olahraga dan Rekreasi bersama; Membangun usaha ekonomi produktif dan koperasi; Penyediaan usaha panganan dan kerajinan makanan khas dan oleh-oleh khas Bima dan Dompu serta Arisan rutin.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama sebelum acara penutupan musywil V Ketua Dewan Pembina KKBD Wilayah NTT bapak Drs. Ambo, M.Si menyampaikan ungkapan terimaksih kepada segenap pengurus, panitia, peserta musyawarah dan semua orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut serta menaruh harapan, proficiat kepada Ketua terpilih Arifin S.Sos terlebih khusus kepada istrinya, memimpin organisasi khusunya KKBD membutuhkan pengorbana terutama waktu yang cukup ekstra dan masih banyak pengorbanan-pengorbanan lain yang akan muncul, ia juga berharap menjadi pemimpin yang rendah hati dan penuh sabar untuk 3 tahun kedepan agar bisa dilalui dengan baik melalui program-program yang menyentuh warga Bima-Dompu dan mendukung serta mengsinergikan program-program pemerintah provinsi NTT khususnya program-program sosial kemasyarakatan. Bekerjalah dengan hati karena kerja tanpa pamrih itu adalah bagian pengabdian SEJATI” ungkapnya. *(Humas KKBD Wan)*