Jelang Pensiun, Sebaiknya Bupati Simon Istrahatkan Sekda Malaka, Donatus Bere, SH Dari Tugas Sekda

Menjelang detik-detik untuk memasuki masa pensiun, sebaiknya Bupati Malaka, Simon Nahak berbaik hati untuk mengistrahatkan Sekda Malaka, Donatus Bere,SH dari jabatannya sebagai Sekda, selanjutnya mengangkat Plt Sekda untuk menjalankan tugas-tugas penting dalam membantu tugas Bupati.

Ada dua manfaat yang didapatkan dari pergantian Sekda Malaka dengan Plt Sekda.

Pertama, memberikan kesempatan kepada Sekda Malaka, Donatus Bere, SH untuk mempersiapkan masa pensiunnya supaya bisa beradaptasi dengan lingkungan baru pasca masa pensiun.

Kedua, memberikan kesempatan kepada Plt Sekda yang baru untuk membantu Bupati sesuai bidang tugasnya agar beberapa agenda penting pemerintah bisa fokus dan berjalan secara optimal guna percepatan pembangunan di daerah ini.

Demikian intisari pendapat yang dihimpun media ini dari beberapa elemen masyarakat Malaka, Jumat (20/8-2021).

Pengacara Muda Malaka, Primus Seran Taek, SH,MH kepada wartawan mengatakan sebaiknya Bupati Malaka mempertimbangkan untuk mengistrahatkan Sekda Malaka, Donatus Bere, SH yang sebentar lagi sudah pensiun dan digantikan dengan Plt Sekda yang baru untuk membantu tugas Bupati yang kian berat.

” Ini persoalan kemanusiaan, sehingga Bupati Simon perlu mempertimbangkan mengistrahatkan Sekda Malaka, Donatus Bere,SH agar mempersiapkan masa pensiunnnya dengan tenang dan baik”

” Jelang pensiun sebaiknya Bupati tidak memberikan beban kerja yang berat kepada Sekda Bere apalagi sebentar lagi sudah purna tugas”

” Banyak program dan kegiatan berat yang harus dijalankan seorang sekda seperti persiapan dan pembahasan KUA PPAS, Pembahasan RKA2022, Penuntasan RPJMD serta serangkaian rapat anggaran yang akan dilakukan secara marathon yang harus melibatkan seorang sekda”

” Bupati Malaka harus serahkan tugas-tugas berat diatas kepada Plt Sekda yang baru supaya lebih fokus dan optimal dalam bekerja”

Tokoh Pendidikan dan juga Pensiunan PNS asal Malaka Barat, Nahak Balthasar sangat mendukung ide pergantian Sekda untuk mengoptimalkan kinerja pemerintah.

” Jabatan Sekda itu sangat Vital untuk membantu tugas Bupati sehingga patut dipertimbangkan usalan pergantian itu”

” Sekda itu khan Ketua TAPD sehingga harus mengendalikan semua kegiatan Vital demi kesinambungan pembangunan di daerah ini”

” Demi kemanusiaan, sebaiknya tugas berat itu diserahkan kepada senior-senior Malaka untuk membantu mengemban tugas yang berat itu”

” Bupati Simon harus legowo melepas Sekda Bere supaya beliau lebih fokus mempersiapkan masa pensiunnya dengan baik”

Pemuda Malaka Barat, Paulus Jobul sangat mendukung bila Bupati Malaka mempertimbangkan untuk mengistrahatkan Sekda Malaka, Donatus Bere,SH agar bisa fokus mempersiapkan masa pensiunnya dengan baik.

” Pekerjaan Sekda itu berat sehingga sudah saatnya untuk diserahkan kepada para pejabat senior untuk melanjutkan tugas-tugas berat itu”

” Plt Sekda harus segera dieksekusi untuk membantu tugas-tugas penting Bupati. Keuntungannya, bila Plt Sekda mulai dilibatkan sejak dini sangat baik karena turut bertanggung jawab terhadap berbagai produk perda yang akan dihasilkan karena dirinya terlibat langsung dalam prosesnya hingga pelaksanaannya tahun depan”

” Sekda Bere pun harus legowo menerima pergantian itu untuk regenerasi dan kaderisasi dengan memberikan kesempatan kepada ASN yang berkompeten untuk menjalankan tugas sebagai seorang sekda”

” Bagi saya, tugas seorang Sekda itu sangat berat. Sangat tidak elok Sekda Bere terus dibebani dengan pekerjaan berat hingga pensiun. Ini sangat tidak manusiawi ”

” Kita ibaratkan, tugas Sekda itu ibarat kuda yang memikul beban berat. Pemilik kuda harusnya punya hati untuk tidak memberikan beban berat untuk dipikul sang kuda karena bisa berakibat fatal. Kudanya bisa sakit atau ” makar” (kelelahan-red). Biarkan kuda itu jangan merasakan diri sebagai kuda beban supaya bisa enjoy dan dapat berkumpul kembali dengan kawanannya di padang rumput yang luas di habitatnya kelak” ( boni)