Catatan Pojok Sang Libero: Injury Time, Pendaftaran Calon Ketua Asprov NTT.

akarta; Komite Pemilihan Kongres Asprov PSSI NTT Jumat (3/9/2021) akan menerima pendaftaran terakhir calon Ketua, Wakil Ketua dan Komite Eksekutif (Exco) Asprov PSSI NTT. Sabtu (4/9) Komite Pemilihan akan melakukan rapat verifikasi dan selanjutnya mengumumkan hasil verifikasi bakal calon Ketua, Wakil Ketua dan anggota Komite Eksekutif (Exco). Hingga saat ini sudah beredar 3 nama bakal calon yang telah didaftarkan oleh Asosiasi Kabupaten/Kota.

Dalam permainan sepakbola, siang hingga sore nanti dapat dibilang eaktu injury time. Dari berkas yang disampaikan secara kasat mata, para kandidat dan tim suksesnya sudah bisa melihat, kalua boleh saya pakai istilah dalam sepakbola, penguasaan bola (ball possession) selama tahapan pendaftaran. Dalam permainan sepakbola walaupun tingkat penguasaan bola lebih banyak, belum tentu tim itu memenangkan pertandingan. Namun lazimnya siapa menguasai permainan, dia akan memenangkan game tersebut.

Menjelang injury time, intimidasi politik makin terasa. Ada Askab yang memilih karena Kepala Daerahnya punya warna Partai yang sama, ada yang melakukan tekanan lewat hubungan keluarga, jabatan, hingga isu yang bisa mempengaruhi dana PON bagi tim sepakbola NTT yang akan berangkat di Papua. Namun isu yang terakhir, kemarin sore sudah selesai karena CdM NTT di PON Papua, Yosef Nae Soi (Wakil Gubernur NTT) telah menyampaikan hari ini (3/9) dana PON sudah bisa dicairkan. Sebagai insan sepakbola akhirnya lega juga.

3 kandidat sudah pasti akan bertarung di laga Musprov PSSI NTT. Petrus Christian Mboeik (Wakil Ketua DPRD NTT), Fary Djemi Francis (Mantan Pemain/Komisaris BUMN ASABRI) dan Lambert Ara Tukan (ASN/mantan Sekretaris Asprov). Mereka yang punya hasrat memimpin PSSI NTT tentu punya niat yang sama, memajukan sepakbola NTT. Masyarakat NTT dan masyarakat Bola bisa memantau tahapan-tahapan yang dilakukan Komite Pemilihan dan Komite Banding.

Mengacu pada Statuta PSSI ada persyaratan yang harus dipenuhi calon Ketua hingga Exco. Syarat yang utama, pernah terlibat disepakbola secara aktif (bukan kaleng-kaleng) dan/atau aktivitas olahraga lainnya yang diselenggarakan oleh PSSI. Ketentuan lainnya tentu mematuhi Laws of the Game yang ditetapkan oleh IFAB (International Football Association Board) dan peraturan tersebut juga dipatuhi oleh anggotanya melalui ketentuan-ketentuan yang mengikat. Pelanggaran terhadap kewajiban sebagaimana tersebut di atas oleh tiap anggota dapat dikenai sanksi sebagaimana diatur dalam Statuta.

Demikian halnya anggota Komite Eksekutif (Exco) minimal berusia 30 tahun, telah aktif di sepak bola sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun, dan harus tidak pernah dinyatakan bersalah atas suatu Tindak Pidana serta berdomisili di wilayah Indonesia.

Dari informasi yang beredar saat ini, 7 Askap telah mendaftarkan nama Petrus Christian Mboeik, 11 Askab Fary Djemi Francis dan 2 Askab Lambert Ara Tukan. Dengan demikian masih tersisa 7 Askab yang belum memberikan surat dukungan. Askab (Ngada) mendaftarkan 2 nama calon (Fary Djemi Francis dan Petrus Christian Mboeik). Siapa yang sah, akan ditentukan oleh Komite Pemilihan dalam rapat verifikasi. Biasanya jika ada dua surat dukungan, tim verifikasi akan melihat tanggal penerbitannya, mana yang lebih dulu diterbitkan. Kalau bisa bikin mudah kenapa cari susah, kira-kira begitu abah.

Meskipun telah nampak 3 kandidat yang akan bertarung diajang kongres PSSI NTT, seiring perjalanan waktu menuju kongres, bisa saja akan terjadi head to head antara Christ Mboeik – Fary Francis. Jika ini terjadi, faktor Lambert Tukan jangan dianggap sebelah mata. Bicara sepakbola idealnya, orang bola pilih orang bola, politikus akan berafiliasi dengan politikus. Yang satu bicara prestasi dan satunya akan bicara kepentingan dan kekuasaan. Silahkan para voters berpikir, nasib sepakbola NTT ditangan anda.

Berikut adalah jadwal Kongres PSSI Provinsi NTT :
– Pendaftaran bakal calon, 3 Juli-3 September 2021
– Verifikasi dokumen bakal calon, 4-6 September 2021
– Pengumuman hasil verifikasi dokuman, 7-9 September 2021
– Pendaftaran banding, 10-12 September 2021
– Pengumuman hasil banding, 13-15 September 2021
– Pengumuman calon yang akan dipilih 16-18 September 2021.
– Kongres Asprov PSSI NTT pada 4 Desember 2021

Penulis: Frans Watu mantan pemain Galatama – PSK Kupang.