Bantuan Saprodi Pertanian Bagi Warga Trans Kapitan Meo – Malaka – NTT Sangat Membantu Rakyat

Nadi kehidupan  ekonomi masyarakat transmigrasi di Desa Kapitan Meo – Kecamatan Laenmanen –  Kabupaten Malaka -Provinsi NTT semakin hari semakin membaik.

Hal itu ditandai dengan geliat masyarakat untuk membangun ekonomi keluarganya melalui pengembangan pertanian dan peternakan sesuai potensi wilayah yang ada.

Sementara itu perhatian  Pemerintah mulai dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten juga sangat bagus untuk mengembangkan wilayah trans Kapitan Meo  melalui berbagai bantuan stimulans dengan harapan warga bisa bertumbuh,  berkembang dan satu saat bisa memiliki kemandirian dibidang ekonomi.

Bantuan stimulans berupa benih, pupuk dan saprodi pertanian bagi warga trans Kapitan Meo sangat membantu rakyat.

Kepala Desa Kapitan Meo, Anton Tuna mengatakan hal itu kepada wartawan disela penyerahan bantuan bibit, pupuk dan sarana produksi pertanian dari Dinas Nakertrans Provinsi NTT kepada 75 warga trans Kapitan Meo – Malaka, Jumat ( 24/9-2021).

Kades Anton mengatakan sejak Trans Kapitan Meo dibangun Pemerintah  kehidupan warga trans dari hari ke hari semakin membaik diantaranya dari sektor ekonomi.

” Setiap warga trans mulai mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangannya untuk meningkatkan ekonomi keluarganya dengan cara mengembangkan tanaman pangan dan hortikultura termasuk sektor peternakan”

” Bantuan benih jagung, benih sayuran, pupuk dan obat-obatan  dan alat semprot hari ini bagi warga trans tentu memotovasi warga disini untuk berusaha”

” Dalam waktu dekat pemerintah sudah membangun pipanisasi untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga trans . Hal itu sangat membantu warga untuk mengembangkan usahanya dibidang hortikultura secara berkesinambungan sepanjang tahun”

” Bila debit airnya melimpah bisa dikembangkan juga budi daya air tawar  dalam skala usaha kekuarga dengan memanfaatkan potensi luas lahan yang dimiliki”

” Sebagai pimpinan desa Kapitan Meo kita tetap mendorong  warga trans untuk tetap berusaha agar satu saat kelak bisa mandiri secara ekonomi”

” Pemerintah melalui berbagai program yang ada tetap memperhatikan rakyatnya dengan harapan satu saat warga trans bisa hidup mandiri”

Kadis Nakertrans Kabupaten Malaka, Vinsen Babu secara terpisah mengatakan pemerintah baik dari Pusat, Provinsi dan daerah tetap memperhatikan rakyatnya melalui berbagai program pemerintah yang ada.

” Semuanya itu dilakukan hanya dengan satu tujuan yakni untuk percepatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat di Kabupaten Malaka”

Penyerahan bantuan  dari  Nakertrans Provinsi NTT itu dihadiri Staf Ahli Bupati Malaka, Maria Theresia Un Manek, Kadis Nakertrans Malaka, Vinsen Babu, Tokoh masyarakat desa Kapitan Meo bersama warga trans Kapitan Meo. ( boni)