Bupati Malaka Diduga Kuat Angkat Kembali Pejabat Eselon II Bermasalah

Malaka — Bupati Malaka dan Wakil Bupati Malaka kembali mengutak-atik jabatan di lingkup Pemda Malaka. Informasi dari sumber terpercaya di lingkup Setda Malaka menyebutkan, pelantikan sejumlah pejabat Eselon II bakal dilakukan sore ini, Rabu (29/13/2021). Mutasi pejabat ini, kata sumber tersebut, sebenarnya tidak menjadi suatu masalah. Sebab mutasi pejabat adalah hak mutlak Bupati. Walau demikian, mutasi pejabat saat ini dinilai bermasalah terkait beberapa pejabat yang baru diangkat.

Diduga kuat, Dua orang yang diundang untuk dilantik sore nanti bermasalah. Pertama, ada nama Albert Bria, S.IP yang sebelumnya dipindahkan dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Kominfo menjadi Staf Ahli Bupati Malaka. Sumber tersebut menjelaskan, Albert dipindahkan terkait temuan Inspektorat Provinsi NTT bahwa ada penyalahgunaan anggaran hingga 500 Juta Rupiah.

“Karena temuan Inspektorat tersebut maka Bupati sebelumnya memberhentikan yang bersangkutan dari jabatan Kepala Dinas Kominfo. Dan sampai sekarang temuan itu belum diselesaikan. Bagaimana bisa Bupati mengangkat kembali yang bersangkutan untuk jabatan baru sebagai Kepala Badan Kepegawaian? Ini bertolak belakang dengan sikap Bupati untuk menata birokrasi yang bersih”, ujar sumber yang minta namanya tidak dikorankan.

Kedua, ada nama Alex Seran, yang diundang untuk dilantik untuk mengisi jabatan Asisten I Setda Malaka yang lowong. Beberapa tahun lalu Alex dinonjobkan dari jabatan Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga. Pengangkatan Alex ini, lanjut sumber tersebut, dinilai menyalahi aturan. Pasalnya, sesuai regulasi, pejabat Eselon II yang sudah dinonjobkan harus mengikuti seleksi ulang untuk menduduki Jabatan Eselon II.

“Sesuai aturan, kalau sudah non job, yang bersangkutan harus ikut seleksi ulang baru bisa diangkat. Dan pengangkatan tersebut pun harus dengan ijin dari KASN”, lanjutnya.

Terkait ini, Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH belum berhasil dikonfirmasi. ( boni)