Polres Malaka Gelar Operasi Cek Bukti Kartu Vaksin Bagi Pengguna Jalan

Berbagai upaya sudah dilakukan Jajaran Kepolisian Resort Malaka untuk mendeteksi warga supaya mengikuti program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah.
Selain melakukan penyisiran di desa-desa dan obyek Wisata, Polres Malaka juga menggelar operasi bagi pengguna jalan supaya bisa menunjukkan bukti kartu vaksin.

Bagi warga yang ketahuan belum vaksin langsung diarahkan mengikuti vaksin pada gerai vaksin yang disiapkan Polres Malaka.

Kapolres Malaka AKBP Rudy Junus Jakob Ledo SH.,S.,IK, saat dijumpai media ini mengatakan, pihaknya tidak pernah kendor terus melaksanakan imbauan dan memberikan edukasi kepada masyarakat yang belum melaksanakan Vaksinasi dan sudah mengunakan banyak tehknik,

“Operasi ini tujuannya selain percepatan Vaksinasi agar yang di vaksin mendapat Imunitas dan kekebalan tubuh. Vaksinasi adalah suatu upaya Pemerintah pembentukan kekebalan tubuh seseorang ternadap suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terkena dengan penyakit yang sama tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Proses yang membuat seseorang kebal terhadap penyakit menular tertentu” papar Rudy Ledo

Imunitas, lanjutnya adalah
Kemampuan kekebalan tubuh melawan suatu penyakit menular. Kekebalan imunisasi memicu respon sistem dimana vaksin akan membentuk kekebalan jangka panjang yang biasanya didapat secara alami setelah penyembuhan penyakit infeksi.

” Capaian Vaksin di akhir tahun 2021 di kabupaten masih terbilang rendah sehingga Jajaran Polres Malaka terus mengajak warga masyarakat Malaka semua ikut Vaksin. Selain itu Rudy Ledo Menghimbau kepada masyarakat yang belum mendapatkan Vaksinasi silahkan mengikuti Vaksinasi”, ujarnya.

Rudy Ledo menyebutkan pihaknya sudah mendapat bantuan dari Mabes Polri yaitu sembilan orang personil Bintara Polri kompetensi khusus (Bakomsus) Perawat berkolaborasi dengan Dinas kesehatan Malaka guna percepatan Vaksinasi di kabupaten Malaka Bakomsus
Bekerja di kabupaten Malaka hingga 31 Januari

“Jangan takut untuk di vaksin Karena vaksinasi aman dan halal untuk kesehatan, bila ada oknum tertentu Yang memprofokasi melarang Vaksin silahkan hubungi nomor pelayanan pengaduan Kami ke nomor 081247823919 ” kata Kapolres Malaka , AKBP Rudy Ledo.

Pantauan media in, i Senin (11/1/2022) Anggota Satuan lalulintas mengalihkan arah kendaraan yang melintas di depan Markas Komando(Mako) Polres Malaka diarahkan masuk ke Mako dan memeriksa setiap Pengendara maupun penumpang wajib menunjukkan kartu atau bukti Vaksin, yang belum memiliki bukti vaksin segera diarahkab ke gerai Vaksin Polres Malaka di Mako Polsek Malaka Tengah. Kegiatan itu dilaksanakan oleh jajaran polres Malaka secara humanis den penuh dengan rasa kekeluargaan. ( ed/boni)