Sukses Delegasi Bisnis KOPITU Tandatangani MoU Bidang Ketenagakerjaan di Kantor Parlemen Darwin

Boni Atolan

DARWIN: Komite Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Bersatu (KOPITU) di hari terakhir Kunjunganya di Darwin, Delegasi KOPITU sukses menandatangani MoU di bidang ketenagakerjaan berupa tenaga Pemagangan, pertukaran skill bidang Perhotelan,Pertanian,Manufaktur pabrik perikanan.

Penandatangan MoU ini disaksikan langsung Konsuk Jendral RI untuk Darwin, Gulfan Afero , Junata, 30 September 2022.

“Kami sangat mengapresiasi kunjungan delegasi KOPITU yang membuahkan Penandatnganan MoU ini. Selanjutnya kami siap menunggu agar program ketenagakerjaan baik magang,pertukaran tenaga skill dapat segera di eksekusi dikarenakan dalam dekat Australia sudah mendekati musim natal sementara kebutuhan tebaga kerja sangat terbatas, jadi ini momentum yg sangat bagus , dengan terlaksanaanya pilot project di Darwin akan dikuti kota lain di Australia” Ucap Gulfan Afaro

Setelah beberapa hari delegasi KOPITU berada di kota Darwin untuk dapat membuka akses ketenagakerjaan yang dapat di implementasikan di IA-CEPA bidang ketenagakerjaan serta MoU Sistercity antara kedua kota dapat memwujudkan hasil nyata dalam penandatangan MoU yang berfokus kepada Ketenagakerjaan ini.

“Sesuai arahan Pak Konsul, kami akan segera memperisapkan tenaga kerja baik progam pemagangan, pertukaran tenaga skill khususnya di bidang Perhotelan dan pertanian di Bali sangat diharapkam masyarakat Bali pada umumnya,, untuk dapat segera mendapat lapangan kerja di Australia khususnya di Darwin” Ucap Ni Nyoman Juniati Ketua DPD KOPITU Denpasar.

Dengan adanya MoU ini tentunya akses lapangan kerja bagi para pekerja migran Indonesia semakin terbuka lebar dan dapat menyerap tenga kerja yang lebih banyak serta membuka peluang bagi para pemagang maupun para pekerja skill untuk dapat bekerja di Darwin, Australia. ( fw)